Inspire | Love & Relationship

Stashing, Cara Seseorang Sembunyikan Hubungan Karena Tak Siap Berkomitmen

Kamis, 22 Sep 2022 20:00 WIB
Stashing, Cara Seseorang Sembunyikan Hubungan Karena Tak Siap Berkomitmen
Foto: Freepik
Jakarta -

Ketika memulai sebuah hubungan dengan orang lain, kesungguhan, kejujuran, dan komitmen sangat dibutuhkan. Sebab perasaan bukan suatu hal yang pantas dipermainkan. Namun tidak sedikit orang yang menjalin ikatan cinta siap untuk berkomitmen, sehingga tak jarang mereka mencari cara bagaimana tetap menjalin hubungan tapi menyembunyikannya dengan orang-orang sekitar karena belum yakin dengan masa depan hubungan itu sendiri atau alasan terburuknya masih ingin terlihat lajang.

Situasi ini dinamakan stashing, di mana seseorang menyembunyikan pasangannya dari lingkungan kehidupannya, orang-orang terdekat, hingga media sosial. Ada banyak alasan mengapa stashing ini terjadi, tapi menurut Psikoterapis Hubungan Heather Garbutt, kemungkinan ada alasan mengapa pasangan tampak tidak ingin membuat komitmen nyata dan cenderung menutup-nutupi hubungan.

"Apakah mereka menyembunyikan sesuatu darimu? Jika kamu mencari hubungan yang bermakna dengan orang ini, apakah ada banyak prospek jika mereka tidak memasukkanmu dalam hidup mereka? Tapi mereka mungkin sebenarnya takut pada teman atau anggota keluarga tertentu," ujar Garbutt dilansir Stylist.

Meskipun stashing kerap mendapat konotasi buruk karena tak jarang berbalut tujuan negatif, tetapi beberapa orang yang melakukan stashing kemungkinan belum yakin dengan hubungan yang mereka jalani dan belum merasa serius ke jenjang berikutnya. Selain itu, setiap orang mempunyai hubungan yang berbeda dengan keluarga dan teman-teman mereka, dan penting untuk menghormati batasan atau privasi apapun yang mungkin ingin dijaga oleh pasanganmu. Namun, kejujuran dalam hubungan tetap harus ada, jadi kamu harus mengungkapkan pada pasangan, jalinan seperti apa yang kamu harapkan dan bagaimana cara menjalaninya agar tercipta kenyamanan satu sama lain.

.Ilustrasi stashing/ Foto: Freepik

Tanda-tanda Kamu Terjebak Stashing

Setiap perbuatan punya alasannya tersendiri, termasuk stashing. Namun tidak semua alasan pasangan melakukan stashing karena hal yang sangat personal. Bisa saja karena mereka memang berniat untuk mempermainkan hubungan yang kalian jalani. Jadi kenali tanda-tanda kamu sedang terjebak stashing berikut ini:

1. Tidak pernah mengunggah foto di media sosial

Memperlihatkan hubungan atau pasangan di media sosial sesekali tak ada salahnya. Hal ini bisa menunjukkan bahwa kamu dan pasangan sedang menjalin hubungan, sehingga itu akan meminimalisir orang-orang yang mencoba mendekatimu atau kekasihmu dengan tujuan romantis. Tapi, jika pasanganmu sama sekali tidak menunjukkan dirimu, atau bahkan yang lebih buruk menyembunyikan hubunganmu dan seakan memperlihatkan bahwa ia lajang, kamu patut curiga.

2. Belum bertemu keluarga dan teman terdekat

Bila kamu menjalin hubungan dengan pasangan bertahun-tahun lamanya, tapi kamu tidak mengenal teman terdekatnya atau bahkan keluarganya, kemungkinan kamu mengalami stashing. Orang yang menganggap kamu spesial di hidupnya, tidak akan ragu untuk memperkenalkan dirimu ke lingkungan sekitarnya. Cobalah untuk mengkomunikasikan hal ini pada pasangan dan tanyakan alasannya mengapa sampai saat ini kamu belum berada dalam inner circle-nya.

.Ilustrasi merahasiakan hubungan/ Foto: Freepik

3. Marah saat mencoba membahasnya

Jika pasanganmu marah secara tak terduga karena menanyakan alasan mengapa hubungan kalian disembunyikan, maybe it's the sign he or she not serious about your relationship. Kerap kali, orang yang manipulatif akan marah dan bahkan mencoba membalikkan keadaan sampai akhirnya kamu meminta maaf atas kesalahan yang tidak kamu lakukan sama sekali.

4. Merahasiakan masa lalu

Orang yang melakukan stashing kepadamu cenderung menutup-nutupi masa lalunya. Mungkin perilaku tersebut agar samar karena ia akan melakukannya dengan cara halus. Misalnya, ia memberi alasan karena sangat sakit mengingat masa lalu atau dia malas mengungkit karena banyak hal buruk. Kalaupun ia memberitahu itu hanya sebatas di permukaan saja.

Itulah cara seseorang menyembunyikan hubungannya karena tak yakin dengan komitmen. Apapun alasan stashing, perilaku tersebut adalah bagian dari kekerasan secara emosional. Ada baiknya kamu mulai untuk membicarakan dengan pasangan. Jika pasanganmu sulit untuk membicarakannya, kemungkinan ini adalah tanda 'red flag'. Segera akhiri!

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/iyas)