Inspire | Love & Relationship

'Green Flags' dalam Hubungan yang Kerap Terlupakan

Rabu, 08 Jun 2022 10:00 WIB
'Green Flags' dalam Hubungan yang Kerap Terlupakan
Jakarta -

Pasalnya, kita yang selalu diiming-imingkan mengenai red flags atas kepribadian seseorang membuat kita menjadi lebih paham dan mengerti alasan mengapa kita harus menjauhi mereka, terlebih lagi untuk menjalin hubungan. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa di balik red flags, setiap orang pasti memiliki green flags yang terkadang tertutupi dengan red flags yang lebih sering dipahami oleh masyarakat.

Green flags itu sendiri adalah sebuah tanda yang mengindikasi akan kecocokan dan kebaikan seseorang yang dapat membuat sebuah hubungan menjadi lebih sehat. Banyak ahli dalam hubungan mengklaim bahwa tanda-tanda kecil yang penting ini adalah sebuah tanda positif yang dapat menuntun sebuah pasangan untuk mendapatkan long-term relationship. Lalu, apa saja green flags umum yang kerap terabaikan oleh banyak orang, ya?

They Give Mutual Respect
Dalam hubungan yang sehat, masing-masing pasangan menghormati teman dan anggota keluarga orang lain. Meskipun kamu dan pasangan harus menikmati waktu berkualitas bersama, penting juga untuk menghormati ruang dan waktu pribadi masing-masing dengan sahabat dan keluarga. Hal yang satu ini adalah sebuah green flag jika pasangan kamu mendorong kamu untuk menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang kamu sukai-bahkan jika itu berarti kalian harus terpisah dalam beberapa waktu.

They Can Process Their Own Emotions
Ketika pasangan sedang mengalami masa sulit--baik sendirian atau kamu terlibat di dalamnya--bagaimana ia mengelola emosi tersebut? Apakah mereka memendamnya dan menekan perasaan mereka, apakah mereka mengungkapkannya, atau apakah mereka melampiaskannya pada orang lain? Hal ini cukup penting dalam sebuah hubungan, apabila ia merupakan seseorang yang dapat mengendalikan emosinya dengan baik dan tidak melampiaskannya dengan cara yang buruk, maka hal ini adalah sebuah green flag.

They Make It Clear How They Feel About You
Di dalam sebuah hubungan romansa, kamu seharusnya tidak perlu menerka-nerka atau bertanya pada diri sendiri mengenai perasaan yang dimiliki oleh pasangan untuk kamu. Jika kamu meragukan perasaan mereka terhadap kamu meskipun kamu memiliki komunikasi yang lancar dengannya, maka hal ini bisa menjadi suatu pertanda buruk bahwa pasangan kamu tidak memenuhi kebutuhan bahasa cinta kamu. Pasangan yang baik adalah pasangan yang tidak membuat kamu mempertanyakan nilai diri kamu di mata mereka dan secara otomatis kamu bisa yakin bahwa kamu benar-benar dicintai dan dihargai.

They Validate Your Feelings
Pada saat perselisihan, pasangan yang baik seharusnya tidak mengabaikan perasaan kamu. Apabila ia dapat mendengar perspektif kamu di dalam konflik dan menghormati apa yang kamu rasakan, maka hal ini adalah sebuah green flag. Layaknya yang dijelaskan oleh terapis Rachel Gabrielle, MA, LMHC, kepada Bustle, kamu perlu mempertimbangkan sikapnya terhadap perasaan yang kamu rasakan, apakah ia mendengarkan dan menghormati perasaanmu? Serta apakah ia memperlihatkan sikap defensif dan malah mengabaikan kamu dan perasaan yang kamu miliki? Jangan sampai kamu tidak memerhatikan hal-hal krusial ini dan memilih untuk bertahan dengan seseorang yang melakukan emotional abuse kepadamu.

Itulah beberapa green flags, yang kerap orang-orang abaikan dan lupakan. Tidak hanya red flags yang perlu kita kenali, green flags yang merupakan indikasi akan hal-hal baik yang dapat membuat hubungan menjadi lebih romantis dan bertahan lama pun perlu kamu pahami dengan baik. Karena pasalnya, setiap orang memang pasti memiliki sifat buruk dan baik yang tertanam di dalam dirinya.

[Gambas:Audio CXO]



(DIP/DIR)