Inspire | Human Stories

Meraih Keberhasilan Tapi Kok Merasa Bersalah?

Minggu, 04 Sep 2022 14:00 WIB
Meraih Keberhasilan Tapi Kok Merasa Bersalah?
Ilustrasi sedih karena sukses Foto: Freepik
Jakarta -

Setiap orang pasti memiliki tujuan untuk berhasil. Ya, berhasil dalam hal apa pun, termasuk saya. Ketika tujuan tersebut bisa tercapai, pasti ada rasa bahagia karena mampu mencapai sesuatu yang diusahakan. Tapi di balik keberhasilan itu, saya kerap merasa bersalah karena saya mampu melakukan hal yang tidak bisa dilakukan atau belum mampu dilakukan oleh orang lain.

Padahal menurut saya, bisa melakukannya semua itu bukan salah saya karena saya pun meraihnya dengan usaha. Tapi perasaan berat itu tidak kunjung hilang. Baru saya tahu, bahwa perasaan ini begitu normal. Lantas, apa alasannya?

Sudah sewajarnya ketika mengusahakan untuk mencapai sesuatu, lalu kita berbahagia, bukan justru bersedih. Lalu mengapa harus merasa bersalah ketika meraih kesuksesan? Dilansir Verywell Mind, perasaan bersalah ini muncul mungkin dikarenakan beberapa alasan. Selain masa lalu, berikut alasan paling umum mengapa orang merasa bersalah tentang kesuksesan yang diraih.

.Ilustrasi sedih karena berhasil/ Foto: Pexels

1. Kamu Orang Pertama yang Sukses di Keluarga

Jika kamu adalah orang pertama dalam keluargamu yang meraih kesuksesan, perasaan sedih ini mungkin akan kamu rasakan karena seakan kamu meninggalkan orang yang kamu cintai atau merasa angkuh. Ini seperti kamu masuk ke dalam wilayah yang belum dipetakan, artinya kamu tidak memahami hal tersebut karena kamu tidak punya role model yang sukses sebelum kamu.

2. Khawatir Karena Sukses Datang Terlalu Mudah

Sebenarnya, kesuksesan itu merupakan proses yang kamu alami. Ada proses pembelajaran, kegagalan, usaha, dan sampailah pada keberhasilan. Tapi mungkin kamu menjalani semua proses itu dengan ringan hati sehingga tak terasa kamu sudah mencapai apa yang kamu tujukan. Jadi kesuksesan itu tidak datang dengan mudah, semuanya butuh proses.

3. Merasa Banyak Orang Berbakat dari Kamu Tapi Kurang Sukses

Sebenarnya setiap orang punya waktunya masing-masing untuk meraih kesuksesan. Ada yang hanya membutuhkan waktu sebentar, dan ada pula yang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Jadi bukan karena orang yang lebih berbakat dari kamu tidak sukses, tetapi mungkin kamu diberi keberuntungan untuk merasakan kesuksesan lebih dulu dibanding mereka.

.Ilustrasi sukses/ Foto: Pexels

Solusi untuk Menghilangkan Rasa Bersalah Terhadap Kesuksesan

Tak masalah jika kamu sedikit merasa bersalah karena kamu lebih unggul daripada yang lain. Sebab perasaan sedikit bersalah bisa membuatmu lebih down to earth dan tidak berbesar kepala terhadap keberhasilan yang kamu dapatkan. Cobalah untuk melakukan ini untuk mengatasi rasa bersalahmu.

  • Semua Ini Normal

Semua ini mungkin tampak sederhana, tetapi langkah pertama untuk mengatasi masalah apa pun adalah dengan mengakuinya dan mengetahui bahwa kamu tidak sendirian di dalamnya. Rasa bersalah bisa sulit untuk dibicarakan, dan bisa menyebabkan rasa malu. Tapi pahami bahwa perasaan bersalah tentang kesuksesan terjadi pada banyak orang, bukan cuma kamu. Itu normal. Rasa bersalah adalah perasaan, dan itu tidak perlu dianggap terlalu sulit. Biarkan dirimu merasakan hal tersebut, alih-alih mencoba melawannya tanpa henti, sehingga kamu bisa mulai melewati semua itu.

  • Terima Perasaanmu

Setelah kamu memahami bahwa merasa bersalah tentang kesuksesan adalah hal yang normal dan bisa diterima, dan kamu membiarkan diri mengalami perasaan itu, inilah saatnya untuk mengatasinya. Salah satu cara yang berguna untuk mengatasi perasaanmu adalah dengan menulis jurnal tentang perasaan itu. Menulis jurnal bisa membantu meredakan kecemasan, dan rasa bersalah bisa memicu kecemasan itu.

Mampu menerima rasa bersalah dalam diri juga bisa membantu kamu memahami betapa kuatnya perasaan itu. Mereka mungkin menghilang dengan cepat setelah kamu membiarkan diri mengalaminya. Berikan waktu kepada diri sendiri untuk bisa membedakan perasaan besar atau kecilnya perasaan bersalah itu.

  • Gunakan Kesuksesan untuk Bantu Orang

Salah satu hal terbesar tentang kesuksesan adalah kamu tidak harus menyimpannya untuk diri sendiri. Sebagai bonus, berbuatlah amal dengan membagikan kesuksesanmu untuk membantu orang lain. Kemampuan untuk melihat bagaimana kesuksesan kamu dapat membantu orang lain secara langsung dapat sangat melegakan perasaan bersalah kamu. Mengetahui bahwa kamu membantu orang lain dapat membuat kamu merasa luar biasa, dan itu dapat meyakinkan kamu bahwa kamu menggunakan kesuksesan kamu dengan cara terbaik.

  • Bicarakan Tentang Perasaanmu

Ketika kamu menyadari bahwa kamu mengalami rasa bersalah dan mengakuinya atau bertindak untuk membantu orang lain tidak sepenuhnya berkurang, kamu masih memiliki lebih banyak pilihan. Pertama, kamu dapat berbicara dengan teman atau orang yang kamu cintai. Ini bisa membantu karena ketika kamu merasa terjebak dalam emosimu, berbagi dengan orang lain bisa menjadi cara untuk melepaskan diri. Jika berbicara dengan teman atau orang yang dicintai tidak cukup membantu mengurangi perasaan bersalah Anda tentang kesuksesan, masuk akal untuk mempertimbangkan berbicara dengan seorang profesional.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/iyas)