Rutinitas kerja yang penuh dengan penat memang wajib diguyur hal-hal menyenangkan. Entah obrolan berisi senda-gurau, alunan musik yang menggairahkan jiwa, atau sedikit teguk ringan pelepas dahaga. Saat dinikmati secara tepat dan bersama orang-orang terdekat, momen selepas lelah bekerja bisa jadi solusi seru yang baik bagi para pekerja urban.
Menjawab kebutuhan para pekerja, yang mayoritas lebih banyak menghabiskan waktu untuk komuter atau bahkan lembur sampai malam, merek minuman legendaris asal Belanda, Heineken, mempersembahkan Ahhh-fterwork. Sebuah pengalaman penuh bagi awak pekerja, yang diajak langsung menyesapi keseruan langsung hingga ke hulunya.
Pengalaman Multisensori
Rabu (30/7/2025), tim CXO Media berkesempatan untuk mengunjungi rumah produksi The Heineken Company di Tangerang, Banten, yang dikelola oleh Multi Bintang Indonesia. Menurut Jessica Setiawan, Marketing Director Multi Bintang Indonesia, agenda Ahhh-fterwok kali ini merupakan sebuah pengalaman berbeda yang dikhususkan untuk para awak pekerja.
"Ahhh-fterwork menekankan pentingnya momen sosial setelah bekerja yang berkualitas, di tengah rutinitas yang sering kali dilewatkan begitu saja," ujar Jessica, saat menyambut rombongan awak media di Tangerang, Rabu (30/7) lalu.
Ia menekankan, Ahhh-fterwork ingin mengajak para pekerja untuk menikmati momen selepas waktu produktif, yang seharusnya jadi momen tepat untuk recharge dan saling terhubung satu sama lain. Di mana, mengalami kemurnian Heineken secara langsung adalah satu opsinya..
"Melalui Ahhh-fterwork, kami ingin mengenalkan secara langsung Star Quality Brewing Process dan Star Quality Ingredients Heineken melalui rangkaian aktivitas multisensori yang merangsang kelima panca indra," lanjutnya.
Bukan sekedar omong, tim CXO Media dan rombongan awak media langsung diajak menyelinap ke dapur legendaris Heineken—dengan mengikuti prosedur keamanan dan kebersihan wilayah yang ketat—sambil diberi bocoran resep rahasia yang menjaga kualitasnya sejak tahun 1873 silam.
Di kawasan pabrik yang megah, kami diajak mengelilingi brewery modern untuk menyimak secara langsung cara pembuatan Heineken, yang menggunakan 100% bahan-bahan alami: barley yang di-malt, air segar, hingga hop yang memberi aroma dan rasa yang khas.
Kunjungan ke pabrik Heineken (Rabu, 30/7/2025)/ Foto: CXO Media/M. Andrean |
Kami melihat kilang pengolahan Heineken, yang dikelola di dalam tangki raksasa berorientasi horizontal—berbeda dengan merk lain yang umumnya menggunakan tangki vertikal. Wadah gagah yang mampu menampung ribuan liter bir ini merupakan tempat peragian A-Yeast (resep yeast spesial Heineken) berlangsung selama 28 hari.
Rancangan tangki berorientasi horizontal ini merupakan salah satu teknik istimewa Heineken dalam menghasilkan satu batch Heineken dengan warna emas jernih dan rasa yang segar. Konon, posisi tangki horizontal dapat membuat tekanan di dalamnya lebih rendah dan merata, sehingga proses peragian bisa berlangsung lebih paripurna dan tanpa tekanan—seperti pola bekerja yang diidamkan oleh banyak pekerja.
Selain melihat langsung proses brewery yang didukung teknologi canggih, kami berkesempatan juga untuk mampir ke garda terdepan penjaga kualitas Heineken, dengan menghirup langsung aroma bahan-bahan pilihannya; menyeresap sensasi aftertaste yang laik hingga yang pantang.
Intisarinya: aroma ikonis Heineken ikonis pasti memancarkan sensasi serupa irisan buah pisang dan/atau pir, getir yang menyegarkan dari hop cones, sampai harum bebungaan. Heineken yang baik juga tidak akan mengeluarkan bebauan seperti telur busuk, daging yang hangus diasap, apalagi bau tanah penuh jamur sesudah hujan.
Rangkaian Ahhh-fterwork
Keseruan Ahhh-fterwork akan terus berlanjut pada hingga akhir bulan September 2025—setelah dibuka pengalaman berbasis indera penglihatan dan pendengaran imersif seusai tur ke markas Heineken, juga pada perayaan International Beer Day (1 Agustus 2025) di Black Owl, PIK.
Pada 4-14 September ini, Heineken akan menyajikan rangkaian eksplorasi multisensori melalui indera sentuhan di Museum MACAN. Di mana para pengunjung bisa merasakan langsung tekstur bahan-bahan alami yang menjadi ciri khas Star Quality Ingredients Heineken.
Rangkaian Ahhh-fterwork kemudian akan ditutup dengan eksplorasi indera perasa melalui pengalaman kuliner spesial yang akan berlangsung pada tanggal 23-26 September di Fomo Bar, Jakarta. Di sini, Heineken akan menyajikan menu omakase eksklusif, yang terinspirasi dari setiap tahap Star Quality Brewing Process—menyajikan cita rasa yang merefleksikan kualitas dan craftmanship khas Heineken.
(cxo/RIA)
Kunjungan ke pabrik Heineken (Rabu, 30/7/2025)/ Foto: CXO Media/M. Andrean