Interest | Home

No Place Like: Ungaran

Rabu, 04 May 2022 14:52 WIB
No Place Like: Ungaran
Ungaran Foto: Jogja Sawakunto
Jakarta -

Lawang Sewu, Kota Lama Semarang, Pecinan Semarang, Masjid Chen Ho adalah sederet wisata yang sepertinya sudah sangat mainstream di telinga kita. Ya, berkunjung jauh ke ibu kota Jawa Tengah ini, sayang rasanya hanya pergi ke tempat yang itu-itu saja, sebab Semarang tidak hanya sekadar itu. Bergeser ke arah selatan, Semarang memiliki tempat yang tak kalah indah dari pusat kota, yakni Ungaran.

.Danau Rawa Pening/ Foto: Wisatawan.id

Sejuk dan Menenangkan

Bagi penduduk lokal, Ungaran adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk melepas penat atas hiruk-pikuk Kota Semarang. Dikenal memiliki julukan Kota Seribu Rumah Makan, Ungaran yang berada di jalur utama penghubung Kota Semarang-Solo ini, juga memiliki tempat-tempat wisata hingga kuliner lezat yang perlu kamu cicipi saat libur Lebaran ini.

Sebut saja Rawa Pening, yang merupakan wisata unggulan Ungaran yang wajib didatangi oleh para pecinta fotografi. Rawa Pening merupakan danau alam dengan air yang tenang. Kamu bisa menemukan Rawa Pening di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Nah bila kamu ingin mengunjunginya, saya sarankan untuk datang menjelang sore hari saat matahari akan terbenam, atau saat matahari terbit.

Selain itu, wilayah yang berada di dataran tinggi ini juga menawarkan berbagai wisata curug bagi kamu yang suka banget dengan alam. Misalnya saja Curug Lawe yang ada di daerah gunung Ungaran atau Curug Benowo, Ungaran Barat.

.Candi Gedong Songo/ Foto: Common Wikimedia

Wisata Sejarah hingga Cicipi Kopi Khas Semarang

Sebagai salah satu kota yang dipenuhi banyak sejarah, Ungaran pun tak luput dari sentuhan estetika sisa-sisa peninggalan masa lampau. Sebut saja Candi Gedong Songo yang dibangun pada abad ke 9 dan terdiri dari 9 bangunan sesuai dengan namanya. Berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, suasana kompleks candi ini serupa seperti Candi Dieng di Wonosobo.

Tak hanya candi, kamu pun bisa berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa yang menjadi stasiun kereta uap pada zaman Belanda. Di sini kamu pun dapat mengetahui sejarah perkeretaapian dan melihat lokomotif buatan M. Esslingen. Kamu pun bisa mengambil foto sepuasnya di stasiun yang memiliki nuansa kental peninggalan Belanda untuk feed Instagram-mu lho!

.Museum Kereta Api Ambarawa/ Foto: KAI

Setelah puas berjalan-jalan, kamu, si pecinta kopi tidak boleh melewatkan Kampoeng Kopi Banaran. Agrowisata ini memiliki lebih dari 40 hektar lahan yang dimanfaatkan sebagai area perkebunan kopi. Berada di 480-600 mdpl, kampung ini menghasilkan kopi jenis robusta. Nah, di sini kamu juga bisa mencicipi kopi hasil perkebunan dari Kampung Kopi Banaran dan juga membawa oleh-oleh berupa kopi bubuk kemasan yang bisa dibeli di mini market yang berada di kawasan tersebut.

Di libur Lebaran kali ini, kamu bisa jadikan Ungaran jadi destinasi jalan-jalanmu bersama keluarga. Menikmati keindahan Semarang tak hanya di kota saja, dari sisi lainnya kamu pun bisa melepas penat sambil merasakan kesejukan Semarang Selatan.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/MEL)