Tidak mudah bagi sebuah perusahaan untuk bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Salah satu yang sukses melewati dekade keempatnya adalah Kao Indonesia yang dikenal memberikan manfaat lewat produk-produk rumah tangga serta produk kebersihan diri dan seluruh anggota keluarga di Indonesia. Namun siapa sangka, perjalanan selama 40 tahun Kao Indonesia ternyata tidak lepas dari sosok yang satu ini yaitu perempuan.
President and Chief Executive Officer, Representative Director Kao Corporation, Yoshihiro Hasebe mengatakan selain berkat cinta dan kepercayaan masyarakat Indonesia menggunakan produk-produk mereka, peran perempuan sangat penting dalam perjalanan perusahaan mereka. Menurutnya, sebagai salah satu perusahaan global, Kao Indonesia bisa dibilang paling memberdayakan perempuan.
"Hampir seluruh divisi pengembangan dan sales produk, tidak ada divisi yang tidak ada karyawan perempuan. Kalau Indonesia memiliki suasana serupa sehingga perempuan juga lebih mudah mengejar karir berprestasi jadi bisa melahirkan wirausaha, pemimpin dan sebagainya. Oleh karena itu Kao group harus belajar dari positivity dan keaktifan yang dimiliki oleh perempuan untuk mengembangkan perusahaan agar bisa tumbuh di masa mendatang," kata Hasebe dalam acara talkshow Kirei Lifestyle Innovation, di Hotel Mulia, Selasa (10/6).
Produk Terbaru dari Kao Indonesia yang Memahami Perempuan
Pengembangan produk-produk berkualitas dari Kao Indonesia juga tidak terlepas dari peran perempuan Indonesia yang membuat produk tersebut bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Bersamaan dalam perayaan 40 tahunnya, Kao Indonesia pun meluncurkan produk terbaru mereka, Biore Breeze Deodorant.
Sebuah produk terbaru yang dikembangkan sedemikian rupa dari ide serta kebutuhan perempuan Indonesia dalam perawatan diri mereka sehari-hari. Sehingga mereka terus bisa melakukan rutinitas yang aktif tanpa khawatir soal keringat apalagi bau badan. Hasebe mengatakan, produk ini adalah buah ide dari pengamatan masalah-masalah yang kerap dialami oleh konsumen perempuan.
"Produk ini telah dikembangkan sedemikian rupa lewat kolaborasi antara teknologi yang telah lama dikembangkan di Jepang diformulasikan dengan pengetahuan yang didapat secara lengkap di Indonesia. Ke depannya, kami akan terus memperkuat pengembangan produk yang sesuai dengan konsumen yang ada di Indonesia," ujarnya.
Sementara itu, Vice President Marketing Kao Indonesia, Susilowati mengatakan para konsumen kini sedang mencari produk yang tidak hanya fungsional, tetapi juga melihat makna dan nilai di balik sebuah produk. Peluncuran Biore Breeze Deodorant merupakan langkah berikutnya dalam inovasi nyata mereka untuk meningkatkan kualitas hidup yang disesuaikan secara spesifik dengan kebutuhan lokal.
"Melalui peluncuran ini, kami berharap dapat memberdayakan setiap individu, terutama perempuan, untuk menjadikan perawatan diri sebagai rutinitas harian yang memperkuat rasa percaya diri dan menciptakan keseimbangan hidup. Kami percaya bahwa setiap produk harus memberikan lebih dari sekadar fungsi, tetapi harus mengangkat kehidupan, mencerminkan nilai, dan memberikan pengalaman yang menenangkan," ungkap Susi.
Peran perempuan ternyata sedikit banyak memiliki andil besar terhadap kemajuan produk-produk dari Kao. Hasebe pun merasa bersyukur selama 40 tahun Kao Indonesia bisa menemani masyarakat Indonesia dalam kesehariannya.
"Kami mampu bertahan selama ini berkat cinta dan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk kami. Bagi kami Indonesia adalah negara yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis kami selama beberapa tahun ke depan. Dan Indonesia banyak perempuan yang menjadi contoh bagi kami supaya Kao menjadi perusahaan yang sukses secara global, kami harus memperhatikan kebutuhan dan keinginan dan para perempuan," tutupnya.
(DIR)