Insight | General Knowledge

ASICS NOVABLAST 4: Nyaman, Prima, dan Asyik Berolahraga

Selasa, 19 Dec 2023 19:30 WIB
ASICS NOVABLAST 4: Nyaman, Prima, dan Asyik Berolahraga
Jakarta -

Memasuki penghujung tahun 2023, tren berolahraga di kalangan masyarakat justru tampak kian menanjak. Salah satu olahraga yang saat ini semakin menjadi pilihan adalah running atau lari. Sepanjang tahun ini saja, sederetan running event berskala besar terus digiati masyarakat dari berbagai kalangan—termasuk kaum selebriti—yang perlahan-lahan mulai terjun dan menggandrungi cabang olahraga atletik ini.

Secara lebih general, tren olahraga lari juga dapat disebut sebagai salah satu kebiasaan olahraga favorit masyarakat terkini, terlihat dari betapa mudahnya kita menemukan seseorang atau sekelompok orang yang berlarian di tepi-tepi jalan atau di fasilitas olahraga dan ruang terbuka umum.

Tentu, baik olahraga lari secara khusus maupun cabang olahraga lainnya boleh disebut sebagai kebiasaan positif masyarakat yang patut dipertahankan. Sebab seperti yang kita tahu, olahraga memang dapat memberi manfaat bagi tubuh dan jiwa manusia. Pepatah kuno yang cukup popular bahkan seakan tidak berhenti menggaungkan "Anima sana in corpore sano", atau dalam bahasa Indonesia berarti "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat".

ASICS Indonesia Resmi Hadirkan ASICS NOVABLAST™ 4
Perkembangan tren dan kebiasaan olahraga lari di kalangan masyarakat nyatanya turut dibarengi dengan kemunculan alat-alat penunjang aktivitas lari, seperti sepatu running dengan kualitas yang prima dan tepat guna. Salah satu jenama olahraga yang konsisten meluncurkan produk lari unggulan ialah ASICS. Bertepatan dengan seperempat akhir tahun 2023 ini, sang produsen olahraga asal Jepang tersebut resmi mengedarkan edisi terbaru sepatu lari ASICS NOVABLAST™ 4 di tanah air.

Menyusul tiga edisi NOVABLAST™ sebelumnya yang selalu menjadi favorit pengguna setia ASICS, model terbaru ASICS NOVABLAST™ 4 dirancang khusus dengan membenamkan sejumlah teknologi termutakhir dari ASICS ISS (Institute Sports and Science).

[Gambas:Instagram]

Demi memberikan pengalaman yang lebih nyaman saat berlari, sepatu ini dilengkapi dengan bantalan midsole FF BLAST™ PLUS ECO. Sol ini terbuat dari material bantalan sepatu super ringan dan empuk, yang memungkinkan pergerakan lari menjadi lebih energik dengan efek "trampolin", alias membantu para pelari mendapatkan pijakan yang mulus dan melambung di setiap langkah.

Di lain sisi, mengimbangi pilihan colorway-nya yang cukup berani, sepatu ASICS NOVABLAST™ 4 ternyata dirancang menggunakan 24% bahan berbasis bio renewable, termasuk limbah sisa pengolahan tebu, yang berdampak positif pada komunitas pelari global juga bagi kelestarian lingkungan tempat kita berlari.
Hal ini menjadi inovasi yang semakin krusial, mengingat produk ASICS NOVABLAST™ 4 merupakan model NOVABLAST™ pertama yang mendapatkan label CO2e, yang memberikan transparansi upaya keberlanjutan ASICS pada lingkungan—memiliki indeks 23% lebih rendah dari rata-rata industri retail di seluruh dunia.

Kembali Asyik Berlari
Klaim ASICS NOVABLAST™ 4 sebagai sepatu lari yang nyaman dan multiguna memang tidak boleh berhenti di slogan pemasaran. Untuk itu, menyambut seri ASICS NOVABLAST™ 4 yang baru saja dirilis ke pasaran oleh ASICS Indonesia di asics.co.id, saya yang kebetulan dapat menjejal sepatu ini sebelum akhirnya terjual habis sementara langsung membawanya beraksi di habitatnya.
Bermodal pengalaman lari yang agak konsisten sedari beberapa tahun silam, saya yang sempat merasa terlalu sibuk bekerja akhirnya menyempatkan diri untuk kembali rutin berolahraga lari dengan memanfaatkan gear anyar: ASICS NOVABLAST™ 4. Sulit dimungkiri, bantalannya yang tinggi namun empuk membuat sepatu ini tidak berbobot seberat kelihatannya saat dikenakan. Belum lagi, ruang pada bagian ruas-ruas jari depan terasa cukup lega, sehingga udara tersirkulasi dengan baik.
Jika ASICS NOVABLAST™ 4 didaulat sebagai sepatu latih harian, rasa-rasanya spesifikasi sepatu ini juga tidak kalah cocok diandalkan saat mengikuti race. Sebab, lewat geometri mesh bagian atas, midsole yang akomodatif dan menunjang keseimbangan, berlari dengan tempo tinggi atau interval ringan akan terasa cukup nyaman, karena pantulannya benar-benar empuk—walaupun bukan yang paling lembut. Dan, tentunya, dengan modifikasi midsole yang telah disesuaikan, pantulan pada sepatu ini terasa lebih nyata dan cukup membantu performa berlari.
Secara ringkas, mungkin ASICS NOVABLAST™ 4 dapat terbilang netral dan stabil di sejumlah situasi. Minimal, dengan inovasi midsole dan tapak lebarnya, saya yang lebih mengandalkan bagian midfoot saat berlari bisa bergerak lebih lincah. Tak hanya itu, keseluruhan sepatu yang cukup jenjang ini meskipun sedikit kaku pada bagian tumit cukup mumpuni memberikan proteksi bagi pemilik jemari yang panjang.
Walhasil, meskipun performa saya sendiri belum benar-benar prima karena masih membutuhkan menu latihan lari yang lebih intens dan patut disesuaikan, kapabilitas ASICS NOVABLAST™ 4 yang saat ini menjadi pilihan utama cukup untuk membuat kaki bergerak secara lebih leluasa, dan tanpa harus takut cedera. Bukti nyatanya, kendati masih jauh dari performa terbaik, berlari 10K dengan ASICS NOVABLAST™ 4 di ajang Planet Sports Run beberapa waktu lalu masih bisa saya rampungkan dengan prima.

***

Sepatu ASICS NOVABLAST™ 4 telah tersedia di semua toko monobrand dan website resmi asics.co.id. Informasi lebih lanjut mengenai ASICS NOVABLAST™4 juga dapat diakses melalui Instagram resmi @asicsid.

(RIA/alm)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS