Insight | General Knowledge

Perayaan Google Year in Search 2022, Penelusuran Trending di Google Sepanjang Tahun

Kamis, 15 Dec 2022 17:30 WIB
Perayaan Google Year in Search 2022, Penelusuran Trending di Google Sepanjang Tahun
Jakarta -

Google sebagai search engine yang paling banyak digunakan untuk mencari berbagai informasi, baru saja memberikan data terkini terkait apa saja keyword trending yang merajai tahun ini dalam Year in Search 2022. Year in Search merupakan gambaran unik tentang apa saja yang dicari dan dipedulikan oleh masyarakat, serta yang mampu memberikan inspirasi dan membuat kita penasaran.

Google merangkumnya dalam sembilan kategori, yaitu Mengapa, Apa, Tokoh, Lirik Lagu, Resep, Film / Serial TV, Peristiwa Nasional, Olahraga, dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan. Namun tentu saja mereka tidak memperlihatkan seluruh data tersebut secara biasa. Google mengolahnya secara menarik dalam sesi dining experience dengan style gastronomy di Namaaz Dining, Rabu (15/12).

Kombinasi Teknologi, Sains, dan Makanan yang Memukau

Sajian berbagai makanan diberikan oleh tim Namaaz Dining yang dipimpin oleh Chef Andrian Ishak, diawali oleh beberapa makanan kecil untuk memberikan sensasi rasa secara pelan tapi pasti sebelum masuk ke rangkaian menu utama. Perlu diketahui kalau sembilan courses menu yang disajikan sudah disesuaikan dengan tema Google Year in Search 2022 di Indonesia.

Pertama, ada sajian seperti lempengan es warna-warni yang merupakan menu rujak bebek sebagai representasi kategori Mengapa yang berisi beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan via Mbah Google, seperti "Mengapa perbedaan itu ada" dan "Mengapa harga bbm naik". Selanjutnya ada menu semacam lumpia yang harus di-roll sendiri dengan memanfaatkan teknologi HP serta kulit lumpia yang berisi percakapan sepasang kekasih untuk menjelaskan kategori Apa dengan beberapa hasil trending, seperti "Apa itu bestie" dan "Artinya healing".

Malam semakin seru saat muncul potongan bakso ikan dan satu mangkok kecil sebagai menu tekwan. Namun tidak hanya menjadi makanan biasa, tetapi harus dimainkan dengan menggunakan aplikasi Namaaz Dining. Kombinasi teknologi dan makanan ini memberikan experience berbeda dan sulit ditemukan di tempat lain. Akhirnya muncul hasil trending untuk kategori Lirik Lagu yang sudah pasti dikuasai lagu "Ojo Dibandingke" dan "Hati-Hati di Jalan".

Setiap makanan yang disajikan selalu dijelaskan oleh Chef Andrian, seperti saat munculnya satu cobek berisi sambal dan ulekan. Lucunya, ulekan tersebut merupakan nasi timbel yang bisa disantap. Lalu ada ayam dengan saus tomat yang juicy dan menu basreng kuah yang mengharuskan para tamu harus membuat mienya sendiri. Itu semua menjadi awal dari penjelasan tentang hasil trending kategori Resep yang diisi oleh resep "Bekal Sekolah" dan "Sambal Bajak".

Tiba-tiba suasana menjadi mencekam saat muncul reveal tentang Film/Serial TV apa yang paling banyak dicari di Indonesia tahun ini. Sudah pasti pemenangnya adalah KKN di Desa Penari. Itulah mengapa muncul satu gundukan kuburan lengkap dengan batu nisan yang harus digali agar dapat menemukan bungkusan warna hijau layaknya pocong. Ternyata, makanan tersebut merupakan lemper ayam.

Sering nonton Bunda Corla? Google sendiri mengakui bahwa banyak sekali orang yang terinspirasi dan menyukai sosok tersebut dengan hadirnya dua makanan yang berasal dari videonya dia, yaitu jengkol balado dan curry kambing. Bisa dibilang kedua sajian tersebut yang paling stand out pada malam itu karena sangat kaya rasa dan beneran memberikan momen makan malam yang tepat. Tentu saja, Bunda Corla hadir sebagai pilihan utama dalam kategori Tokoh dengan ditemani nama lain, seperti "Livy Renata" dan "Farel Prayoga".

Malam yang indah ini ditutup dengan dua kategori, yakni Peristiwa Nasional dengan trending "Minyak Goreng" dan "Gejala Omicron", serta Olahraga yang memang lagi naik daun, dengan hasil trending "Olahraga tenis" dan "Olahraga badminton". Khususnya untuk menunya sendiri sudah fokus ke dessert. Dua dessert disajikan secara beriringan, tapi yang paling seru saat menu es podeng membuat para tamu harus menggunakan jas hujan. Ternyata, es podeng tersebut bisa memberikan ledakan secara bertubi-tubi! Seluruh restoran pun dipenuhi kabut asap tebal dengan diiringi gelak tawa berkat experience terbaik dari Namaaz Dining dan Google. Daftar Tren Keseluruhan tahun 2022 pun akhirnya menjadi sajian terakhir insight pada malam itu dengan dikuasai "Citayam Fashion Week" dan "G20".

Penghargaan untuk Para Tokoh Indonesia

Akhirnya, event ini pun berakhir yang ditandai dengan pemberian penghargaan kepada beberapa tokoh yang hadir pada malam itu, terdiri dari Livy Renata, Alif Cepmek, dan Grace Tahir. Apa yang mereka dapatkan menjadi bukti bahwa kiprah mereka di bidang masing-masing sepanjang tahun 2022 telah menjadi inspirasi dan paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

Seluruh kemeriahan yang sukses dihadirkan oleh Google menjadi penutup sempurna dari bagaimana melihat pola pikir dan ketertarikan masyarakat terhadap situasi isu selama tahun 2022. Perayaan Year in Search 2022 untuk penelusuran trending di Google sepanjang tahun berakhir dengan manis, sekaligus memorable. Sama seperti bagaimana Google selalu menjadi top of mind dari search engine di masyarakat selama bertahun-tahun lamanya.

[Gambas:Audio CXO]

(tim/DIR)

Author

Timotius P

NEW RELEASE
CXO SPECIALS