Insight | General Knowledge

Marak Peretasan Data Pribadi, 6 Fitur Ini Wajib Ada di Smartphone Kamu!

Senin, 14 Nov 2022 16:33 WIB
Marak Peretasan Data Pribadi, 6 Fitur Ini Wajib Ada di Smartphone Kamu!
Jakarta -

Kebocoran data pribadi merupakan salah satu permasalahan di era digitalisasi hari ini. Menurut Katadata, selama kuartal II 2022 saja, ada satu juta lebih akun pengguna di Indonesia yang mengalami kebocoran data. Jumlah tersebut melonjak 143 persen dari kuartal I 2022 yakni sebanyak 430,1 ribu akun. Hal ini tentu saja meresahkan, apalagi sebagian besar masyarakat telah menggunakan aplikasi-aplikasi di dunia digital, terutama di smartphone kita.

Ketika pengguna menyimpan berbagai data sensitif di smartphone mereka, peluang untuk mengeksploitasi kelemahan privasi juga menjadi sangat besar. Salah satunya ada beberapa software yang seolah-olah dikembangkan untuk penggunaan legal, tetapi itu bisa disalahgunakan oleh siapa saja.

Peretas bisa dengan mudah melakukan penghapusan data atau meng-install software berbahaya yang mengumpulkan data pembayaran, informasi rekening bank dan email pribadi. Melihat permasalahan ini, OPPO Indonesia pun menyiapkan fitur-fitur terbaik agar terhindar dari serangan peretasan. Apa saja ya?

.Ilustrasi perlindungan data pribadi/ Foto: Freepik

1. Payment Protection

Ketika melakukan transaksi pembayaran online, kita pasti ingin merasa yakin bahwa informasi detail pembayaran terlindungi dan aman. Pada sebagian besar smartphone OPPO Indonesia, ada pengaturan keamanan yang kami sarankan untuk digunakan pengguna yang dikenal dengan fitur Payment Protection.

Saat kamu berbelanja online atau melakukan transaksi perbankan, smartphone OPPO milikmu akan memberikan perlindungan tinggi untuk transaksi digital, seperti mendeteksi keamanan sistem, captcha, dan aplikasi itu sendiri. Payment Protection akan memastikan bahwa uang dan informasi pribadi kamu selalu aman. Smartphone OPPO akan dengan cerdas mengetahui aplikasi apa saja yang memerlukan perlindungan pembayaran dan akan diaktifkan secara default. Nah, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sudah dilindungi, kamu akan melihat pemberitahuan yang mengatakan 'Secure Payment' di bagian atas layar.

2. Privacy Dashboard

OPPO mencoba meningkatkan perlindungan privasi untuk lebih melindungi informasi kamu melalui Privacy Dashboard yang bisa membantu kamu mengelola keamanan privasi. Setiap kamu ingin menggunakan aplikasi, biasanya aplikasi tersebut memerlukan izin sistem pada smartphone agar bisa berfungsi secara normal. Privacy Dashboard akan mencatat semua izin dari setiap aplikasi di smartphone kamu dan akan membantu kamu untuk memeriksa dan mengelola semuanya dengan mudah.

3. Keamanan Mikrofon dan Kamera

OPPO juga mencoba meningkatkan keamanan untuk melindungi privasi kamu agar tak terlihat dan digunakan oleh orang lain tanpa izin kamu. Indikator Mikrofon dan Kamera pada ColorOS adalah perlindungan privasi tinggi yang mencegah aplikasi untuk melihat atau mendengarkan kamu tanpa persetujuan kamu.

Saat menggunakan aplikasi yang memerlukan izin kamera atau mikrofon di latar belakang, kamu akan melihat ikon pada status bar smartphone. Kamu bisa segera memblokir izin aplikasi tanpa harus masuk ke Pengaturan, kamu dapat menonaktifkannya di Control Center untuk mencegah izin penggunaan mikrofon dan kamera guna menghentikan kebocoran privasi pengguna.

.Ilustrasi fitur untuk melindungi data pribadi/ Foto: Freepik

4. Approximate Location Sharing

Fitur Approximate Location Sharing akan siap membantu kamu jika ada aplikasi yang menanyakan lokasimu. Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan privasi kamu dengan tidak membagikan lokasi secara akurat pada aplikasi karena sekarang kamu bisa membagikan hanya lokasi 'perkiraan' kamu.

Jadi, ketika sebuah aplikasi meminta izin lokasimu, kamu tidak perlu mengungkapkan lokasi persis kamu. Fitur ini akan berguna untuk aplikasi berbasis cuaca atau aplikasi yang kurang kamu percayakan, di mana kamu tidak perlu membagikan lokasi secara akurat. Jadi lokasimu tetap aman.

5. Security Certification

ColorOS milik OPPO mencoba meningkatkan kemampuan untuk mengamankan smartphone dan data kamu dengan memasangkan beberapa lapis perlindungan dan enkripsi setiap saat. Baik itu foto, riwayat obrolan, kontak, semua data kamu akan diamankan oleh teknologi keamanan terdepan di industri seperti ePrivacy dan ISO27001.

6. Security Patch Update selama 3-4 Tahun

OPPO menjamin smartphone lini seri Find dan Reno untuk menerima security update selama 4 tahun ke depan setelah diluncurkan. Sementara smartphone lini seri A akan menerima peningkatan security update selama 3 tahun ke depan sejak diluncurkan. Selain meluncurkan pembaruan security update pada sistem operasi ColorOS, OPPO juga bekerjasama dengan erat dengan pengembang chipset untuk penelitian dan pengembangan bersama untuk menambal berbagai celah keamanan. Dengan berbagai fitur privasi dan keamanan yang mudah digunakan guna menjamin perlindungan tinggi, kamu akan merasa tenang saat mengetahui bahwa kamu memiliki kendali penuh atas kapan dan siapa yang dapat melihat data kamu saat beraktivitas pada smartphone.

Itulah fitur-fitur yang tersedia di produk smartphone OPPO yang bisa kamu dapatkan demi melindungi data pribadimu. Kebocoran privasi data pribadi dan keamanan data termasuk ketika melakukan pembayaran digital kini diminimalisir melalui sistem operasi pada smartphone OPPO baik pada ColorOS 12 maupun ColorOS 13 dihadirkan dengan keamanan dan privasi terbaik. Berbagai teknologi dan fitur telah dikembangkan OPPO untuk memberikan kenyamanan penggunaan smartphone terutama dalam privasi dan keamanan.

[Gambas:Audio CXO]

(DIR/tim)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS