Insight | General Knowledge

Hasil Drawing 16 Besar UCL 2023: Tiga 'Big Match' Tersaji di Fase Knockout

Selasa, 08 Nov 2022 16:45 WIB
Hasil Drawing 16 Besar UCL 2023: Tiga 'Big Match' Tersaji di Fase Knockout
Jakarta -

Turnamen antarklub terkuat di benua biru, UEFA Champions League musim 2022/2023, berlanjut ke fase knockout. Setelah merampungkan babak kualifikasi grup dari 7 September hingga 2 November 2022 kemarin, 16 tim yang lolos; 8 juara dan 8 runner up grup, melanjutkan peruntungannya untuk merengkuh trofi 'Si Kuping Besar'.

Pada drawing 16 besar yang berlangsung di Nyon, Swiss (Senin, 7/11/2022), delapan tim berstatus runner-up: Club Brugge, Borussia Dortmund, Frankfurt, Inter Milan, RB Leipzig, Liverpool FC, AC Milan, dan Paris Saint-Germain, akan menantang delapan juara grup, yang diisi oleh Bayern Munchen, SL Benfica, Chelsea FC, Manchester City, SSC Napoli, FC Porto, Real Madrid, dan Tottenham Hotspurs.

Merujuk rilis resmi UEFA, jadwal leg pertama 16 besar Liga Champions sendiri akan dimulai pada tanggal 14/15 & 21/22 bulan Februari 2023, sementara leg kedua dilangsungkan tanggal 7/8 & 14/15 Maret 2023.

Hasil Drawing 16 Besar UCL 2022/2023

Tiga laga bertajuk 'big match' keluar dari tangan Giorgio Marchetti (Deputy Secretary UEFA) dan legenda Timnas Turki, Hamit Altintop yang bertugas mengacak undian. Antara lain: Liverpool vs Real Madrid, AC Milan vs Tottenham, dan PSG vs Bayern Munchen.

Di musim ini, perseteruan panjang antara Los Galacticos dengan The Reds kembali menemui babak baru. Terakhir bersua di Final Paris 2022, perempat final UCL 2021, dan Final Kyiv 2018, skuat asuhan Jurgen Klopp yang selalu kalah dari 'El Real' di tiga pertemuan sebelumnya kembali menantang sang juara bertahan, demi mempertahankan status mereka sebagai tim Inggris dengan gelar UCL terbanyak, yakni 6 trofi. Sementara Real Madrid yang masih ditangani Don Carletto, dipastikan akan menurunkan kekuatan penuh, dalam pencarian gelar UCL ke-15 mereka.

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, duel panas juga terjadi antara Juara Serie A musim lalu sekaligus pemilik 7 gelar UCL, AC Milan dengan Tottenham Spurs, yang kali ini dipimpin oleh pelatih asal 'negeri pizza', Antonio Conte. Milan yang tengah berupaya mengembalikan kejayaan mereka di Eropa, disebut akan mendapatkan perlawanan ketat dari Spurs tahun ini, dengan bayang-bayang rekor belum pernah menang atas 'The Lily White di empat pertemuan terakhir mereka (dua laga berakhir imbang dan dua laga lainnya dimenangi Spurs).

Berikutnya, partai final UCL 2020 antara PSG vs Bayern Munich (0-1), juga kembali terulang di fase 16 besar UCL 2022/2023. 'Perang Bintang' ini sendiri akan menjadi perjumpaan ketiga antara Les Parisiens dengan FC Hollywood di empat musim terakhir Liga Champions. Secara total, PSG yang kini diperkuat trio Messi-Neymar-Mbappe telah mengoleksi enam kemenangan atas Bayern (5 kemenangan), meski Bayern sukses unggul di tiga dari empat pertemuan terakhir mereka.

Berikut adalah hasil undian babak 16 besar UCL 2022/2023 selengkapnya:

  • RB Leipzig vs Manchester City
  • Club Brugge vs Benfica
  • Liverpool vs Real Madrid
  • AC Milan vs Tottenham
  • Eintracht Frankfurt vs Napoli
  • Borussia Dortmund vs Chelsea
  • Inter Milan vs FC Porto
  • PSG vs Bayern Munchen

[Gambas:Instagram]

Aturan dan Syarat Lolos ke Babak Berikutnya

Musim 2022/2023 UCL kembali memberlakukan sistem: tanpa gol tandang, sebagaimana yang telah diterapkan pada musim sebelumnya. Hal ini juga berarti, ketika duel antara dua tim di fase ini tetap berimbang usai 2x90 menit (laga leg 1 dan leg 2), maka pemenang akan ditentukan melalui babak extra time, tanpa menghitung jumlah gol kandang maupun tandang. Dan jika di peluit akhir keadaan masih sama kuat, maka pemenang akan ditentukan melalui adu penalti.

Berikutnya, 8 nama tim yang keluar sebagai pemenang di fase 16 besar akan kembali diundi pada tanggal 17 Maret 2023, sebelum berlanjut ke bagan semifinal yang rencananya digelar pada pertengahan bulan Mei 2023, dan laga final yang akan dihelat pada tanggal 10 Juni 2023 di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul.

[Gambas:Audio CXO]

(tim/tim)

Author

Timotius P

NEW RELEASE
CXO SPECIALS