Insight | General Knowledge

5 Things Happening This Week

Minggu, 28 Aug 2022 12:00 WIB
5 Things Happening This Week
Jakarta -

Akhirnya kita sampai di penghujung bulan Agustus dan menyambut bulan yang baru, September. Setelah selebrasi meriah Indonesia yang jatuh di bulan Agustus, September diramaikan dengan beberapa festival internasional dan nasional, rilisnya serial tv baru, dan peringatan bersejarah untuk organisasi besar di Indonesia. Ada apa saja ya? Simak 5 Things Happening This Week di minggu ini!

[Gambas:Instagram]

Venice International Film Festival (31 Agustus - 10 September)

Dikenal dengan nama lain yaitu Biennale Cinema, festival film bergengsi yang satu ini resmi diselenggarakan kembali tahun ini pada 31 Agustus hingga 10 September 2022. Layaknya festival film pada umumnya, acara ini akan menayangkan film dari bermacam-macam negara sekaligus ajang para filmmakers untuk berkompetisi memperebutkan penghargaan "Golden Lion", "Silver Lion", dan sebagainya. Kabar baiknya, film Autobiography menjadi film asal Indonesia dan Asia Tenggara satu-satunya yang akan tayang dan berkompetisi di program Orizzonti di Venice Film Festival tahun ini.

[Gambas:Instagram]

Pocong Mumun bangkit lagi (1 September)

Serial TV yang berjaya pada masanya, Jadi Pocong, akan diadaptasi menjadi film dengan judul Mumun, tayang di bioskop 1 September 2022. Film horor komedi yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini akan dibintangi oleh Acha Septriasa dan Dimas Aditya. Seperti sinetronnya yang populer pada tahun 2000-an, Mumun akan mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Mumun (Acha Septriasa) yang tewas mengenaskan sebelum ia hendak menikah dengan kekasihnya Juned (Dimas Aditya). Saat proses penguburan, Husein (Mandra) selaku penggali kubur lupa untuk membuka tali pocong Mumun, sehingga ia menjadi hantu gentayangan. Kira-kira bakal seperti apa ya wajah Mumun yang baru?

[Gambas:Instagram]

Serial TV The Lords of The Rings: The Rings of Power (2 September)

Jika kamu penggemar karya J.R.R. Tolkien yang sangat populer ini, pastinya sudah menanti-nanti rilisnya serial TV dari The Lords of The Rings: The Rings of Power, kan? Jika film The Lord of the Rings dan The Hobbit terjadi pada era Third Age, alur cerita The Rings of Power jatuh pada beratus-ratus tahun sebelum itu (Second Age). Selain set baru seperti hutan penuh magis yang terletak di elf-capital Lindon, The Rings of Power juga akan mengunjungi kembali set yang pernah ditunjukkan sebelumnya, seperti Khazad-dum. Musim pertama The Lords of The Rings: The Rings of Power tayang resmi di Amazon Prime Video pada 2 September 2022    a great way to start the new month!

[Gambas:Instagram]

Festival Condet kembali digelar (3 September - 4 September)

Setelah absen selama dua tahun karena pandemi, Festival Budaya Condet kembali diselenggarakan tahun ini. Festival budaya satu ini merupakan kerja sama Yayasan Cagar Budaya Condet dengan berbagai komunitas yang ada di wilayah Condet. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Condet bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Betawi khususnya di wilayah Condet.

Hal ini berangkat karena Condet telah menjadi magnet peradaban kampung tua di Jakarta dan menjadi saksi peradaban Betawi tempo dulu. Festival ini dimeriahkan dengan hadirnya beragam acara kesenian budaya seperti lenong betawi, gambang kromong, silat betawi, bazaar makanan khas Betawi, serta secara bersamaan menjadi ajang bagi para UMKM untuk mempromosikan produknya. Kalau kamu tertarik untk mengunjungi Festival Condet, jangan lupa untuk mampir ke Jalan Raya Condet pada 3 September atau 4 September ya!

.Palang Merah Indonesia/ Foto: pmi.or.id

Hari Palang Merah Indonesia (3 September)

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. Dengan sejarah yang panjang, badan ini berhasil didirikan pada tahun 1945 dan bertahan hingga saat ini dengan jaringan kerja yang terhitung telah tersebar di 30 daerah provinsi, 323 cabang di daerah, serta dukungan operasional transfusi darah sebanyak 165 unit di seluruh Indonesia. Pada peringatan hari ini, kamu bisa menyemarakkan Hari Palang Merah Indonesia dengan menjadi pendonor darah. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa ketentuan dan syarat yang berlaku sebelum mengunjungi pos donor darah, ya!

[Gambas:Audio CXO]

(HAI/DIR)

Author

Hani Indita