Insight | General Knowledge

Berkenalan dengan Kereta Panoramik Pertama di Indonesia

Rabu, 24 Aug 2022 14:30 WIB
Berkenalan dengan Kereta Panoramik Pertama di Indonesia
Jakarta -

Warga Indonesia sekarang tidak harus pergi ke Swiss untuk bisa menikmati panoramic train, sebab Indonesia akan segera memiliki kereta panoramiknya sendiri! Melalui media sosial, Balai Pengujian Perkeretaapian mengumumkan bahwa saat ini mereka sedang melakukan uji coba kereta panoramik pertama di Indonesia.

Kereta panoramik adalah kereta wisata dengan jendela yang lebih luas dibandingkan jendela kereta pada umumnya, sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan secara lebih leluasa. Kereta panoramik yang akan hadir ini merupakan modifikasi dari kereta kelas eksekutif. Selain jendela panorama, nantinya kereta ini juga akan dilengkapi dengan sunroof atau kaca di bagian atas kabin gerbong kereta.

Namun hingga saat ini, PT KAI belum bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapan kereta ini akan beroperasi dan juga berapa harga tiketnya. Pasalnya, kereta tersebut masih dalam tahap restorasi dan belum selesai diuji coba. Uji coba yang dilakukan mencakup uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing, dan uji kebocoran.

Meski belum ada informasi lebih lanjut mengenai operasional kereta panoramik ini, tapi pastinya sudah banyak penumpang yang tidak sabar untuk mencobanya. Sebab, dengan kereta panoramik ini, penumpang bisa menikmati panorama alam khas Indonesia dengan lebih nyaman dan leluasa. Mari kita tunggu bersama-sama update terbaru dari KAI untuk perkembangan kereta panoramik ini!

[Gambas:Audio CXO]

(ANL/DIR)