Insight | General Knowledge

Semua Hal yang Terjadi di Dunia hingga Pertengahan 2022

Sabtu, 09 Jul 2022 14:00 WIB
Semua Hal yang Terjadi di Dunia hingga Pertengahan 2022
Jakarta -

Tidak terasa, separuh tahun 2022 sudah kita lewati bersama. Terhitung sejak dimulainya bulan Juli ini, berarti tahun "macan air" hanya menyisakan enam bulan ke depan. Namun sebelum kamu move on dan menatap hari baru sampai penghujung tahun, Tim CXO Media telah merangkum beberapa catatan menarik yang mungkin kamu lewati dari paruh pertama tahun 2022 ini, sekaligus menyegarkan ingatan soal agenda-agenda seru yang terjadi pada enam bulan ke belakang.

Januari

.Jan 2022/ Foto: CXO Media


Bulan pembuka tahun 2022 ini dihiasi beberapa berita besar. Yang pertama, tentu saja, adalah pesta virtual peluncuran CXO Mediaverse yang dimeriahkan oleh sederet musisi kenamaan dunia hingga obrolan hangat Putri Tanjung dengan Presiden RI Joko Widodo.

Kemudian, ada kabar menggemparkan dari jagat maya Indonesia usai kumpulan selfie seorang mahasiswa bernama Ghozali, ditebus hingga mencapai 1,5 pada platform Non-Fungible Token (NFT). Tak kalah sensasional, awal tahun 2022 juga dihebohkan oleh fenomena 'Spirit Doll', juga kabar perpisahan dari perangkat BB yang menemani kita sedekade lalu.

Selain beberapa kejadian penting di atas, CXO Media juga menobatkan Pratama Arhan, pemain muda berbakat Tim Nasional Sepak Bola Indonesia sebagai sosok Person of The Month atas kecemerlangannya saat membela Timnas Garuda di Piala AFF, Singapura.

Februari

.Feb 2022/ Foto: CXO Media


Kabar menyedihkan justru mengawali bulan kasih sayang. Tertanda dengan dimulainya gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia dan intensnya konflik agraria yang dialami masyarakat Wadas, Jawa Tengah. Sementara kabar lebih mengejutkan justru didengar oleh dunia, terhitung sejak Vladimir Putin memerintahkan militer Rusia menginvasi Ukraina per Kamis, 24 Februari lalu. Di lain sisi, Pemerintah Belanda justru resmi meminta maaf kepada Indonesia atas tragedi kejahatan perang pada periode 1945-1950 silam.

Sedangkan kabar menyenangkan justru ditampilkan sepenuhnya dari ranah olahraga, di mana ajang megah Super Bowl kembali dihelat, Tim Bulutangkis Putri Merah-Putih juara Badminton Asia Team Championship, dan 'pertarungan ping-pong abad ini' Cing Abdel Vs Desta menyemarakkan olahraga tenis meja dalam negeri yang sempat layu.

Yang terakhir adalah kabar suntikan pendanaan seri C tahap pertama senilai Rp 1,3 triliun bagi perusahaan F&B lokal, Kenangan Grup yang turut mendapuknya sebagai perusahaan F&B pertama di Asia Tenggara berstatus Unicorn. Untuk itu pula, CXO Media menobatkan Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan sebagai Person of The Month edisi Bulan Februari 2022.

Maret

.Mar 2022/ Foto: CXO Media


Bulan Maret dimulai dengan kabar pengembalian fungsi Candi Prambanan, Yogyakarta sebagai tempat ibadah umat Hindu Nusantara oleh pemerintah. Disusul oleh polemik 'Paris Fashion Week', yang diklaim oleh beberapa brand lokal; dan gonjang-ganjing pengubahan label halal dari MUI.

Di sisi lain, Timnas Amputasi Indonesia resmi lolos ke Piala Dunia, Ganda Putra muda Shohibul Fikri/Bagas Maulana menang All England, dan Sirkuit Mandalika di Lombok resmi menggelar MotoGP Indonesia yang sempat absen selama 15 tahun-lengkap dengan aksi pawang hujan kontroversial.

Bulan ketiga di 2022 ini ditutup dengan perayaan Oscar yang dihiasi insiden Chris Rock-Will Smith. Sementara lain, CXO Media menobatkan Sheila Agata, seorang desainer pakaian dan pemilik jenama 'Sean Sheila' yang mampu menembus peragaan busana Paris Fashion Week sebagai Person of The Month edisi Maret 2022.

April

.Apr 2022/ Foto: CXO Media

Beralih ke bulan April, kabar viral pertama hadir lewat sebuah rumah makan melayang yang beroperasi di kawasan Semanggi, Jakarta. Joko Anwar memulai debutnya di Hollywood dengan menggarap film berjudul 'Fritzchen', dan serial populer 'Peaky Blinder' memainkan musim terakhirnya.

Bulan ini juga menjadi awal Puasa Ramadhan 2022, yang diikuti kabar salat tarawih pertama yang diselenggarakan di New York Time Square. Dari dunia entertainment, helatan 'Grammy Awards' menaikkan penyanyi muda Olivia Rodrigo, yang memborong 3 nominasi, dan festival Coachella kembali diadakan   di mana NIKI, Warren Hue, dan Rich Brian tampil brilian di sana, plus kolaborasi spesial dari Billie Eilish dan Gorillaz. Juga ada kabar dari seorang mahasiswi ITB, yang membuat poster film Disney Pixar teranyar berjudul 'Turning Red'.

Sementara itu, RUU TPKS akhirnya disahkan Pemerintah Indonesia. Elon Musk digadang mengambil alih Twitter, dan CXO Media menobatkan Ara Kusuma sebagai Person of The Month bulan April atas kisah inspiratifnya dalam memberikan dampak perubahan besar di dunia pendidikan dalam negeri melalui Aha! Project.

Mei

.May 2022/ Foto: CXO Media

Pada bulan Mei, rangkaian berita macet libur Lebaran dan gelombang hawa panas di dunia berjalan sepanjang bulan. Di sisi lain, insan olahraga Indonesia justru aktif berprestasi: lifter muda, Windy Cantika Aisah menjuarai IWF Junior World Championship; Kiromal Katibin pecahkan rekor panjat tebing dunia; pembalap Sean Gelael memenangkan FIA WEC; hingga medali emas bersejarah persembahan Timnas Basket di SEA Games Vietnam.

Lalu ada pula hype 'Doctor Strange' dan 'Stranger Things S4' yang menjangkiti netizen, sampai film 'KKN di Desa Penari' yang menjadi film horor terlaris di Indonesia. Sementara itu kabar duka datang dari Swiss, di mana Emmeril Kahn Mumtadz, anak dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss; dan wartawan Shireen Abu Akleh dinyatakan tewas saat meliput konflik Israel-Palestina di Kota Jenin.

Di bulan ini pula, Allo Bank menyapa Indonesia lewat kemeriahan Allo Festival 2022, yang dimeriahkan deretan musisi Tanah Air hingga penampilan spektakuler NCT Dream dan Red Velvet di Senayan. Dari "rollercoaster" cerita di bulan Mei kemarin, CXO Media menobatkan Andakara Prastawa, pemain senior Timnas Basket Indonesia sebagai Person of The Month atas kontribusi apiknya yang sukses membawa Indonesia merajai SEA Games untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Juni

.Jun 2022/ Foto: CXO Media

Memasuki bulan ke-enam di tahun 2022, kabar "gantung raket" peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii disoroti publik selagi turnamen Indonesia Master dan Indonesia Open kembali dihelat di Jakarta. Disusul oleh pelaksanaan Formula E Jakarta yang menuai pro-kontra dan Timnas Sepak Bola Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 pasca absen 16 tahun. Di bulan ini juga, Indonesia resmi memiliki 37 provinsi, yang diselingi kabar kenaikan kontroversial tiket masuk Candi Borobudur. Sedangkan pada bulan kelahirannya, Jakarta mengubah 22 nama jalan menggunakan nama-nama tokoh Betawi, sekaligus dinobatkan sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Pada pertengahan tahun ini pula, festival legendaris Glastonbury kembali digelar, BTS mengumumkan hiatus, dan seniman-seniman Indonesia eksis di pameran 'documenta fifteen' Jerman. Di samping itu, Johnny Depp juga dinyatakan menang di persidangan perceraian dramatis dengan Amber Heard, lalu Thailand resmi melegalisasi Ganja secara menyeluruh dan berencana memberikan benihnya kepada warga, sedangkan di Indonesia, seorang Ibu bernama Santi Warastuti tampil heroik demi memperjuangkan legalisasi ganja medis untuk kesembuhan anaknya yang menderita cerebral palsy.

***

Demikian beberapa kabar, berita dan kejadian menarik yang berlangsung pada paruh pertama tahun 2022. Kira-kira, peristiwa apa yang paling berkesan buatmu?

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/DIR)