Insight | General Knowledge

Selangkah Menuju Final NBA 2021/2022

Rabu, 18 May 2022 20:00 WIB
Selangkah Menuju Final NBA 2021/2022
Jakarta -

Musim panjang NBA 2021/2022 akan segera mencapai klimaksnya. Pada pertengahan bulan Mei ini, atau tepatnya 18 dan 19 Mei 2022, partai pertama NBA Eastern Conference Finals akan mempertemukan Miami Heat vs Boston Celtics, sedangkan Golden States Warriors akan adu kekuatan melawan Dallas Mavericks pada Western Conference Finals. Selain mengincar juara pada masing-masing wilayah, 4 tim yang tampil di Conference Finals tersebut juga memperebutkan dua tempat di laga puncak Final NBA musim ke-75 ini, yang baru akan berlangsung pada 3 Juni 2022 mendatang.

Eastern Conference FinalsEastern Conference Finals/ Foto: NBA/Instagram

NBA Eastern Conference Finals 2022

Pada Final Wilayah Timur NBA 2022, pemuncak klasemen Wilayah Timur, Miami Heat berhadapan dengan sang runner up, Boston Celtics pada 7 game final yang direncanakan   apabila diperlukan. Pada game pertama yang berlangsung tadi pagi, Miami Heat yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil mengungguli Celtics dengan 118 poin berbanding 107 berkat penampilan apik Jimmy Butler yang menyarangkan 41 poin. Game final kedua antara Heat vs Celtics, kembali akan dimainkan lusa (20/05/22) di FTC Arena, Miami, Florida.

Sedikit menilik ke belakang, pertemuan Heat dengan Celtics sendiri di Final Wilayah Timur, merupakan partai final ulangan dua musim lalu, atau tepatnya musim 2019/2020. Kala itu, Miami Heat berhasil keluar sebagai juara setelah mengungguli Celtics dengan skor akhir 4-2. Sedangkan rekor pertemuan Heat vs Celtics di musim reguler NBA 2021/2022 berakhir dengan sama kuat, di mana keduanya sama-sama berhasil mencuri 2 kemenangan dari sang lawan pada total 4 pertemuan.

Jika melihat penampilan keduanya sepanjang musim, maka tampaknya peluang terbuka masih dimiliki Celtics karena rekor pertemuan mereka yang sama kuat pada musim reguler. Selain itu, Jayson Tatum cs. juga bisa menyusul ketertinggalan pada tiga laga yang akan datang. Celtics juga memiliki keuntungan, di mana akan bergantian menjadi tuan rumah, pada laga final ketiga dan keempat, yang dimainkan di TD Garde, Boston, 22 dan 24 Mei mendatang.

Apakah performa menanjak dari Tyler Herro, Jimmy Butler dan Bam Adebayo berhasil membawa Heat melebarkan keunggulan mereka atas Celtics seperti dua tahun lalu, atau malah Marcus Smart, Jayson Tatum dan Jaylen Brown yang menjadi protagonis misi balas dendam Celtics di Final Wilayah Timur? Hasilnya sangat patut kita nantikan bersama.

Western Conference FinalsWestern Conference Finals/ Foto: NBA/Instagram

NBA Western Conference Finals 2022

Sementara itu, pada final konferensi wilayah barat, Golden States Warriors (peringkat 3 musim reguler NBA Western Conference), akan menghadapi penampilan eksplosif Dallas Mavericks (peringkat 4)   pada 7 laga yang direncanakan akan digelar dalam beberapa hari mendatang.

Game pertama dan kedua antara Warriors melawan Mavericks akan dimainkan esok hari (21/05/2022) dan 23 Mei 2022 di Chase Center, San Francisco, kandang Warriors. Sedangkan pada game ke-3 dan 4, Dallas Mavericks akan bergantian menjamu Warriors di markas mereka, American Airlines Center, Dallas, 25 dan 27 Mei nanti.

Pertemuan antara Warriors dan Maverick sendiri digadang-gadang menjadi pertarungan para pemain kunci dari kedua tim, di mana Stephen Curry, 3-pointers terbanyak sepanjang sejarah NBA akan adu kebolehan dengan andalan Mavericks asal Slovenia, Luka Doncic yang sedang "on fire" pasca memimpin epic comeback mereka dari Phoenix Suns di babak Semifinal Wilayah Barat beberapa hari lalu.

Di samping itu, Warriors sendiri diprediksi akan kembali tampil prima, sebagaimana langkah meyakinkan mereka ke final. Lewat performa apik dari trio Draymond Green, Klay Thompson dan Steph Curry, Warriors sukses melenggang tanpa halangan berarti. Mereka tampil mendominasi Denver Nuggets di NBA Eastern Playoffs First Round dengan skor akhir 4-1, dan menyudahi perlawanan Ja Morant bersama Memphis Grizzlies dengan skor 4-2 di babak Semi Final.

Penampilan Warriors di final kali ini, juga akan menjadi final ke 6 mereka dalam dalam 7 tahun ke belakang. Di mana pada 5 final yang mereka mainkan sebelum-sebelumnya, Warriors selalu berhasil keluar sebagai Juara Wilayah Timur. Di sisi seberang, status "underdog" Dallas Mavericks, yang akhirnya kembali mencapai final setelah 11 tahun lamanya diperkirakan akan menjadi kekuatan tambahan bagi anak asuh Jason Kidd ini. Kendati performa mereka semusim ke belakang tidak lebih mentereng dari Warriors, daya juang tim ini terbilang sangatlah solid dan bisa diandalkan, terbukti dari kemampuan mereka menyudahi Utah Jazz di First Round Playoffs dengan skor 4-2, dan tuntasnya misi pembalikan keadaan mereka atas Phoenix Suns di Semi Final.

Pada akhirnya, masing-masing Juara Wilayah Timur dan Barat NBA 2021/2022, akan saling berhadapan pada NBA Finals 2022, pada 3 Juni 2022 mendatang. Menurut prediksimu, siapa yang akan melenggang ke puncak NBA Finals 2022 dan menjadi Juara NBA edisi ke-75?

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/HAL)