Insight | General Knowledge

Staff Picks: One Hit Wonder

Selasa, 26 Apr 2022 16:00 WIB
Staff Picks: One Hit Wonder
Jakarta -

Nothing last forever, it's true! Berbicara tentang musik, tentunya, tidak semua lagu yang diciptakan oleh musisi yang berasal dari penjuru dunia bisa sampai hingga ke telinga kita. Meskipun tidak sedikit pula lagu yang berhasil mencetak sejarah dengan karya-karyanya yang mendunia, ada juga beberapa yang mendapat kepopuleran sementara. Sebutannya tersendiri untuk menjelaskan fenomena ini adalah one hit wonder.

One hit wonder merupakan musik yang meraih popularitas jangka pendek. Umumnya, bagi mereka yang termasuk ke dalam one hit wonder, memiliki satu lagu yang sangat meledak, namun popularitasnya lama kelamaan surut hingga akhirnya tidak terdengar lagi.

Ketenaran one hit wonder yang berhasil menembus segala ruang hingga membuat lagu tersebut terus menerus dimainkan di speaker sudut-sudut kota seringkali menjadi memori tersendiri. Saat lagu tersebut kembali diputar di masa yang berbeda, kita akan diingatkan pada suatu momen di masa lampau beserta seluruh sentimen yang menemaninya.

Berkaca kembali pada beberapa tahun ke belakang, berikut adalah deretan one hit wonder yang masih dikenang oleh tim kami!

Iyas, Editor in Chief
Because of You - Keith Martin (2014)

.Keith Martin/ Foto: Spotify


Ada beberapa lagu yang membuat saya merasa bagus ketika bernyanyi, meskipun faktanya tidak. Salah satunya adalah karya seorang musisi internasional yang lama tinggal di Kalibata City, yang terlihat ling-lung di setiap perhelatan tahunan Jazz di Kemayoran. Saking merasa bagus menyanyikan lagu ini, saya menyanyikan Because of You untuk casting sebuah pertunjukan ketika masih kecil hingga berhasil diterima menjadi Madhatter dalam musikal Alice in Wonderland. Tak lama ini berita duka datang tentangnya, saya mengucapkan terima kasih untuk karyanya meskipun yang saya tau hanya satu.

Taca, Social Media Strategist
The Virgin - Cinta Terlarang (2011)

.The Virgin/ Foto: Spotify


Lagu ini terkenal banget pada masanya, dan yang paling diingat tentu adalah scene Mita dan Dara saling bersandar di punggung satu sama lain. Dulu inget banget banyak banget temen-temen yang parody-in scene ini. Lagunya juga enak banget sih buat dinyanyiin pas karaoke-an. "Tuhan berikan aku hidup satu kali lagi, hanya untuk bersamanya" I mean, come on!

Handoko, Editor
Pen-Pineapple-Apple-Pen (PPAP) - Pikotaro

.Pikotaro/ Foto: YouTube


I think this one is just Japan being Japan. The country is well-known for having such an absurd comedy; so much so that when this song first came up in 2016, it went viral in an instant. The global internet was filled with people trying to make sense of it, but I think it's a fool's errand. It's just Japanese humor in a nutshell.

Dian, Editor
Rude - Magic!

.Rude/ Foto: YouTube


Sebenarnya lagu ini cukup enak untuk didengar. Walaupun saya bukan pecinta lagu dengan genre Reggae, tapi lagu ini menjadi salah satu lagu favorit saya dulu. Sayangnya, mereka hanya mengeluarkan single ini di tahun 2014, kemudian nama mereka kembali meredup. Ada lagi tidak ya kira-kira lagu seenak ini lagi?

Mel, Editor
Take a Picture - Filter (1999)

.Filter/ Foto: YouTube


Inget banget waktu sering dengerin lagu ini di masa keseharian gue cuma dengerin radio dan nonton MTV (indeed a simpler time). Lagu ini sebenarnya hanya menggambarkan tentang keseruan anak muda yang bisa sampai lupa ingatan saking serunya, dimana dia bilang ke temannya "Could you take my picture, Cause I won't remember"   man, I would say the same   tapi melodi dan nadanya yang dreamy dan 90an banget, bikin lagu ini pas buat bengong atau dinikmati saat road trip.

Tasya, Writer
Las Ketchup - The Ketchup Song (Asereje)

.Las Ketchup/ Foto: Genius


Lagu yang populer di era 2000an ini membekas di kenangan masa kecil saya. Lagunya yang upbeat, liriknya yang catchy membuat siapa saja langung ingin sing along ketika mendengarkannya. Bahkan, saya sampai menghafalkan gerakan tarian dari lagu ini. Sayangnya, muncul rumor bahwa lagu ini merupakan lagu pemuja setan. Saya yang pada waktu itu sedang gemar-gemarnya menyanyikan lagu ini pun langsung merasa kecewa karena tidak bisa menyanyikannya lagi.

Hani, Writer
Lupa Lupa Tapi Ingat - KUBURAN Band

.Kuburan Band/ Foto: YouTube


C Am Dm ke G ke C lagi~ lantunan lagu satu ini mudah untuk dihafalkan dan secara otomatis nyangkut ke kepala. Video klipnya yang menunjukkan member band dengan riasan makeup ala band asal Amerika, KISS, membuat lagu ini makin terngiang-ngiang, lantaran selalu muncul di acara musik di TV.

Dinar, Writer
Gangnam Style - PSY

.PSY/ Foto: YouTube


When the song was first released, everyone seemed to be obsessed with it, not to mention that everyone managed to memorize the choreography. The song was known to be the biggest party song that everyone wanted to dance to, as it had a very unique dance move that was really easy to follow. Despite the hype that the song received back in 2013, people who used to enjoy this song now tend to forget that this song ever existed.

Aldi, Writer
Mbah Dukun - Alam

.Alam/ Foto: Diadona


Jauh sebelum Kunto Aji membawa mantra-mantranya, komat-kamit mantra ala adik Veti Vera ini lebih dulu menjadi anthem sejuta umat. Lagu ini unik dan cukup terbilang asik. Aroma dangdutnya kental namun cair. Meski sedikit terdengar jenaka, nuansa mistis lagu ini tetap berhasil menguak sisi melankolis liriknya. Namun sayangnya, sebagaimana alam semesta, eksistensi alam mbah dukun tidak abadi.

Rolland, Sound Editor
Torn - Natalie Imbruglia (1997)

.Natalie Imbruglia/ Foto: YouTube


Catchy hooks, simple yet captivating guitar solos, and constant airplay on MTV; a formula for a one hit wonder. Lagu yang dinyanyikan oleh Natalie Imbruglia ini menjadi salah satu one hit wonder terpopuler di akhir 90an dan awal 2000an. Tidak heran, hingga kini 'Torn' masih dapat terdengar ketika kita menyalakan radio.

Destya, Graphic Designer
Sweet Disposition - The Temper Trap

.The Temper Trap/ Foto: Spotify


Lagu ini populer karena menjadi salah satu soundtrack film 500 Days of Summer di tahun 2009. Di saat itu juga lagu Sweet Disposition sering diputar di beberapa radio dan televisi. Fun fact, meskipun band The Temper Trap merupakan band asal Australia, tapi ternyata vokalis mereka berasal dari Manado.

Taco, Graphic Designer
Somebody That I Used To Know - Gotye ft. Kimbra (2011)

.Gotye ft. Kimbra/ Foto: YouTube


Kombinasi unik antara Gotye dan Kimbra bikin lagu ini memorable banget, apalagi liriknya yang bikin saya saat itu, bocah umur 12 tahun, bisa ngerasain galau. Tapi sayangnya, setelah lagu ini, Gotye seakan tidak terdengar lagi. Bahkan banyak beredar meme tentang Gotye yang masih beredar hingga saat ini; "He's just somebody that we used to know". Cukup ironis, bukan?

Kalau versi kamu, one hit wonder apa yang sampai saat ini masih terus terngiang?

[Gambas:Audio CXO]



(HAI/MEL)

Author

Hani Indita