Insight | General Knowledge

Memperbanyak Ibadah yang Disukai Allah SWT di Bulan Ramadhan

Jumat, 25 Mar 2022 14:00 WIB
Memperbanyak Ibadah yang Disukai Allah SWT di Bulan Ramadhan
Jakarta -

Tak terasa sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, dan tentu saja kamu, bukan? Saat bulan Ramadhan, banyak hal yang pasti kamu tunggu-tunggu, mulai dari sahur bersama keluarga, ngabuburit menjelang berbuka puasa, berbuka puasa bersama dengan teman-teman, hingga tarawih bersama di masjid. Meskipun banyak kegiatan yang menyenangkan, namun jangan sampai lupa ya untuk menunaikan ibadah wajib kita.

Seperti melaksanakan salat lima waktu, berpuasa di siang hari, membayarkan zakat fitrah, juga melakukan ibadah-ibadah sunnah seperti memperbanyak sedekah. Sebab, Allah SWT telah menjanjikan akan memberikan pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadhan bila kita mengerjakan semua kebaikan yang dianjurkan dan dicintai oleh-Nya.

Lantas, apa sih ibadah yang paling disenangi oleh Allah SWT?

.Ilustrasi Kisah Nabi Musa A.S/ Foto: Tyler Wang - Pexels

Kisah Nabi Musa dan Ibadah yang Dicintai Allah SWT

Bicara soal ibadah, Imam Ghazali, melalui kitabnya yang berjudul Mukasyafatul Qulub pernah meriwayatkan kisah Nabi Musa A.S, yang bertanya kepada Allah SWT, perihal jenis ibadah apa yang paling disukai-Nya. Dalam kitabnya, Imam Ghazali mengisahkan bahwa pada suatu saat, Nabi Musa diberi kesempatan untuk berjumpa langsung dengan Allah SWT di singgasana-Nya. Pada perjumpaan itu, Nabi Musa A.S beberapa kali mengulangi pertanyaan mengenai jenis ibadah apa yang paling Allah senangi.

"Wahai Allah, aku sudah melaksanakan ibadah yang Engkau perintahkan. Manakah di antara ibadahku yang paling Engkau senangi? Apakah salatku?" Allah SWT menjawab, "Bukan. Sesungguhnya salatmu itu untuk dirimu sendiri. Sebab salat membuat engkau terhindar dari perbuatan yang keji dan mungkar."

Kemudian, Nabi Musa A.S lanjut bertanya, "Apakah itu dzikirku?" Lagi-lagi, Allah menjawab bukan. "Dzikirmu itu juga untuk dirimu sendiri. Karena dengan berdzikir, hatimu akan merasa tenang." Nabi Musa yang masih belum merasa mendapat jawaban, bertanya kembali, "Apakah puasaku?" Allah menjawab, "Puasamu juga untuk dirimu saja. Karena dengan berpuasa, manusia melatih diri dalam mengekang hawa nafsu."

Nabi Musa yang masih keheranan akhirnya menanyakan pertanyaannya yang terakhir. "Lalu, ibadah apakah yang membuat Engkau senang, Ya Allah?" tandasnya. Akhirnya, Allah SWT menjawab, "Sedekah. Tatkala engkau membahagiakan orang yang sedang berkesusahan dengan sedekah, maka aku berada di sampingnya."

.Ilustrasi sedekah/ Foto: rawpixel

Merespons kisah Nabi Musa A.S di atas, Habib Husein Ja'far Al Haddar dalam bukunya, "Tuhan Ada di Hatimu" menjelaskan, bahwa ibadah termulia   dan ternyata disenangi oleh Allah SWT   adalah membagikan kebahagiaan kepada sesama manusia, yang juga ciptaan-Nya. Dengan kata lain, membangun hubungan baik antarmanusia, justru dapat melebihi nilai dari ibadah-ibadah yang bersifat ritualistik semata.

Alasan lain mengapa sedekah menjadi ibadah yang paling disenangi Allah adalah dikarenakan hal tersebut merupakan bentuk kasih sayang kepada sesama manusia dan makhluk hidup. Selain itu, bersedekah merupakan sikap mulia yang juga bertujuan untuk menumbuhkan kebahagiaan dalam diri manusia yang berbagi. Dengan bersedekah, kita menghapus dosa yang telah kita lakukan, membebaskan kita dari api neraka, mencegah maksiat, melipatgandakan pahala, tidak mengurangi harta, dan juga akan memberikan kita naungan di kiamat kelak.

Nah, bagi kamu yang ingin #JadiManfaat dan bersedekah di bulan Ramadhan ini, kamu tidak perlu repot lagi untuk datang ke tempat atau sosok tertentu untuk menunaikan sedekah. Di era modern ini, segala aspek kehidupan telah dimudahkan oleh platform-platform teknologi yang akan membantumu menunaikan ibadah yang disukai Allah ini, kapan saja dan di mana saja. Salah satunya bersedekah melalui Dompet Dhuafa.

.Ilustrasi sedekah di dompat dhuafa/ Foto: Mikail Nilov - Pexels

Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi dan kemanusiaan yang bergerak untuk pemberdayaan umat (Empowering People) dan kemanusiaan melalui pengelolaan dana zakat, infaq, sedekah, wakaf, dan dana sosial lainnya, dipercaya masyarakat untuk menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan hingga ke pelosok negeri. Kamu hanya perlu mengakses donasi.dompetdhuafa.org/ramadan, para dermawan sepertimu bisa mulai bersedekah dengan lebih tepat guna dan sesuai kebutuhan, karena Dompet Dhuafa telah menyiapkan beberapa Program yang relevan.

Mulai dari Program Sedekah Yatim, Sedekah Subuh, Sedekah Quran; Penyaluran Zakat Penghasilan, Zakat Maal, Zakat Emas; Program Wakaf untuk Masjid dan Sistem Pengairan wilayah tertinggal; hingga Donasi Pembangunan Sekolah dan Donasi Korban Bencana; semuanya bisa disalurkan melalui Dompet Dhuafa lho!

Bulan suci Ramadan sudah semakin dekat nih! Ayo sambut bulan penuh rahmat dan kebaikan dengan bersedekah yang tepat guna, melalui kemudahan di donasi.dompetdhuafa.org/ramadan. Dan mari kita lakukan banyak kebaikan dan jalani #30HariJadiManfaat selama Ramadan ini!

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)