Interest | Fashion

Elevate Women Kembali Hadir untuk Dukung Para Womenpreneur Berkarakter

Rabu, 16 Nov 2022 18:21 WIB
Elevate Women Kembali Hadir untuk Dukung Para Womenpreneur Berkarakter
Jakarta -

Rangkaian all-in-one event Lazada Women's Fest 2022 yang menjadi wadah bagi generasi muda, khususnya para perempuan dalam industri fashion and beauty, tidak berhenti sampai di acara ini saja. Ada satu acara lagi bertajuk Elevate Women atas inisasi Putri Tanjung sebagai program yang memberikan kesempatan para womenpreneurs untuk pitching bisnis mereka agar mendapatkan investasi dari para investor.

Tahun ini merupakan rangkaian kedua dari Elevate Women setelah pertama kali dimulai pada tahun 2021. Kali ini, ada lima investor yang berusaha untuk membantu para womenpreneurs, yaitu Putri Tanjung (CEO Trans Digital Lifestyle Group), Maudy Ayunda (multitalent artist dan angel investor), Patrick Owen (Founder of Patrick Owen dan Chief Marketing Officer OPPO Indonesia), Erika Dianasari Go (Partner, Value Creation, Alpha JWC Ventures), dan Ferry Kusnowo (Executive Director Lazada Indonesia).

Tepat pada rangkaian LWF 2022, event Elevate Women digelar dengan memperkenalkan 10 bisnis yang dibangun oleh para womenpreneurs. Terdiri dari Smitten by Pattern, Arcia, Tufine, Dama Kara, Sukhaloka, Ocwa, Pretty Well, Mouza Indonesia, Blishful Lipcare, dan Snug Scrubs. Setiap womenpreneurs yang sudah lolos ke babak final telah melalui berbagai seleksi hingga mereka dinilai layak untuk berkesempatan melakukan pitching di depan kelima investor.

Keragaman Produk dalam Elevate Women

Keseruan Elevate Women dibuka oleh Smitten by Pattern yang merupakan womenswear yang menonjolkan desain pattern dengan bahan serat alami sehingga aman bagi lingkungan. Dengan kelebihan dari sisi penjualan yang sudah menembus pasar internasional, Smitten by Pattern ingin mendapatkan investasi di sisi human resource agar mampu memberikan dukungan lebih optimal bagi para desainer lokal.

Kemudian ada Arcia yang merepresentasikan Kalimantan Barat dengan menggunakan buah tengkawan untuk produk perawatan kulit serta rambut. Seluruh produksi 100 persen menggunakan bahan dari Kalimantan Barat sehingga membuat para investor sangat tertarik dengan journey yang sudah Arcia lalui. Apalagi Arcia telah mendukung para petani buah tengkawan sejak dini dan membuat buah yang hanya tumbuh di Kalimantan Barat ini semakin dikenal karena khasiatnya.

Tufine menjadi brand selanjutnya yang melakukan pitching. Brand ini ingin memberikan dampak bagi para perempuan dengan melahirkan komunitas yang juga menyasar sisi lingkungan dan keagamaan. Ditambah lagi dengan mendukung pelestarian alam dengan packaging yang ramah lingkungan. Misi mereka pun sangat besar, yaitu tidak hanya ingin menyasar target market para perempuan, tapi juga ingin membuat produk untuk pria, dan melahirkan produk kosmetik, skincare, dan kebutuhan rumah tangga.

Pesan yang ingin disampaikan para womenpreneurs semakin bermakna saat Dama Kara hadir di depan para investor. Dama Kara merupakan brand batik dari pengrajin asal Solo dan Pekalongan yang memberikan sebagian profit-nya untuk terapi menggambar anak penyandang autis. Misi positif yang dibawa Dama Kara mampu membuat para investor merasakan dampak baik yang telah diberikan sejak brand ini berdiri.

Elevate Women memang tidak hanya fokus kepada brand apparel saja. Kehadiran Sukhaloka menjadi pembeda karena mereka merupakan bisnis yang bergerak di bidang wellness dengan menciptakan produk plant-based collagen booster yang mampu mendukung produksi kolagen tubuh tetap optimal, serta bisa menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut, dan sendi. Produk Sukhaloka juga aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Selanjutnya ada brand streetwear Ocwa yang tampil cukup berbeda. Mereka ingin membangun brand yang genderless, tapi tidak melupakan semangat perempuan di dunia streetwear karena tidak dapat dipungkiri, lebih banyak brand yang fokus ke pria, termasuk owner-nya. Optimisme yang dibangun Ocwa hingga tidak hanya ingin menjadi local brand saja, tetapi juga ingin bertumbuh sebagai global brand.

Perasaan sederhana dan humble muncul dari brand Pretty Well. Membawa misi #SkincareUntukPelajar, Pretty Well berhasil membantu kehidupan para reseller hingga mereka bisa menjadi lebih baik lagi melalui dukungan biaya yang telah diberikan. Kerennya lagi, bahkan sudah terbentuk beauty community dari para pelanggan setia Pretty Well. Tentu saja ini menjadi bukti bahwa kekuatan brand tidak hanya dari angka penjualan, tetapi juga bagaimana sense of belonging yang membuat para pelanggan tetap setia hingga mau mendukung Pretty Well semakin berkembang.

Mouza Indonesia menjadi brand selanjutnya yang melakukan pitching. Kesan positif juga berhasil mereka berikan dengan misi untuk menjadi fashion muslim terbesar di dunia. Selain mengemban misi tersebut, Mouza Indonesia juga merasa bertanggung jawab untuk merangkul perempuan agar menjadi lebih produktif dan bermartabat. Perjalanan hidup sang owner serta visi dan misinya untuk para perempuan, berhasil membawa kesan positif di hadapan para investor.

Berbicara soal self-care, Blishful Lipcare yang hadir dengan produk perawatan bibir sehingga mampu merawat dan mencerahkan keindahan bibir juga sukses menarik perhatian para investor. Apalagi terdapat produk lipcare untuk pria yang mencerminkan bahwa brand ini memiliki pasar yang jauh lebih luas lagi.

Terakhir, ada Snug Scrubs yang menghadirkan kategori apparel dari sudut pandang yang berbeda, yaitu baju jaga untuk dokter dan suster. Mereka membuat baju jaga menjadi lebih stylish sekaligus fleksibel dengan desain kekinian serta cutting sesuai bentuk tubuh. Seluruh desain yang dibuat membuat para tenaga kesehatan menjadi lebih mudah bergerak di dalam kondisi genting.

Memberikan Kesempatan untuk Bertumbuh

Kesepuluh brand lokal yang sudah melakukan pitching memang tidak semuanya mendapatkan ataupun menerima tawaran investasi dari kelima investor. Kedua belah pihak memiliki pertimbangan dan penilaian berbeda-beda sehingga tidak selamanya berakhir dengan kerja sama. Namun, inti dari Elevate Women tidak hanya untuk mendapatkan suntikan dana saja, tetapi juga bagaimana kelima investor menawarkan dukungan networking dan knowledge dalam promosi yang masih belum dimiliki oleh para brand tersebut.

Terlepas dari itu, Elevate Women juga menjadi wadah yang tepat bagi kesepuluh brand untuk bertumbuh karena mereka terus mendapatkan saran dan kritik yang membangun dari para investor di setiap sesi pitching. Ilmu inilah yang jauh lebih bernilai bagi mereka ketika kembali ke dalam usaha pengembangan bisnis sesuai visi dan misi yang sudah dibentuk.

Elevate Women yang diselenggarakan selama Lazada Women's Fest 2022 berlangsung kini telah selesai bergulir. Pesan "Bringing More Women into the Room" kembali ditunjukkan di dalam seluruh rangkaian acara ini. Kini waktunya para perempuan untuk semakin #BeraniBersinar dalam bertumbuh sebagai womenpreneur di tanah air!

[Gambas:Audio CXO]

(tim/DIR)

Author

Timotius P

NEW RELEASE
CXO SPECIALS