Insight | Business & Career

Cara Tetap Fokus Kerja Walau Sudah Terasa Suasana Liburan

Rabu, 27 Dec 2023 19:00 WIB
Cara Tetap Fokus Kerja Walau Sudah Terasa Suasana Liburan
Jakarta -

Apakah kamu salah satu orang yang masih bekerja di sepanjang minggu di akhir tahun ini? Ya, suasananya sudah terasa seperti liburan dan mau produktif pun jadi lebih sulit dari biasanya. Tapi kamu tidak sendiri, ada banyak orang di luar sana   termasuk saya   yang masih harus bekerja di tengah suasana liburan akhir tahun ini.

Meskipun kamu sudah berencana akan liburan tak lama lagi, tetapi masih ada tanggung jawab yang harus kamu penuhi. Untuk itu, fokus dalam pekerjaan di akhir tahun ini penting agar performa kerjamu lebih maksimal. Nah bagi kamu yang terjebak dalam pikiran liburan terus, coba cara ini agar tetap fokus seperti dikutip Inc.

1. Jadwalkan waktu untuk memikirkan tugas kantor

Musim liburan ini tentu membuat produktivitasmu menurun, apalagi teman-teman kantor sudah banyak yang ambil cuti. Tidak heran sih, sebab menurut survei dari American Psychological Association, 69 persen orang melaporkan stres saat liburan disebabkan oleh kurangnya waktu.

Walaupun kamu tidak bisa menghasilkan lebih banyak jam dalam sehari, tetapi kamu bisa menyisihkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan daftar tugas kantor kamu. Jadwalkan waktu setiap hari untuk meninjau daftar pekerjaan kantor dan buat skala prioritas.

2. Fokus untuk waktu singkat

Tetapkan tujuan untuk mengerjakan tugas dalam waktu singkat   10 atau 15 menit   adalah satu-satunya cara untuk membuatmu lebih produktif. Setelah pengatur waktu dan mulai bekerja. Saat pengatur waktu berbunyi, istirahatlah selama dua hingga lima menit. Saat waktu kamu habis, kembalilah bekerja. Kamu mungkin menemukan kalau kamu bisa tetap lebih produktif ketika kamu bekerja dengan waktu singkat.

3. Buat daftar 'jangan lupa'

Buatlah daftar hal-hal yang harus kamu lakukan di akhir minggu ini dengan nama 'jangan lupa'. Kamu bisa mengesampingkannya dulu, selagi kamu bekerja. Itu bisa meningkatkan fokusmu terhadap pekerjaan, tetapi tidak melupakan apa yang harus kamu lakukan setelah bekerja.

4. Katakan tidak

Ketika akhir tahun, perusahaan mungkin akan membayarmu lebih jika kamu mau bekerja lembur. Itu memang tawaran yang menarik, tetapi jangan sampai kamu melupakan bahwa kamu juga butuh istirahat dan menghabiskan waktu akhir tahun bersama orang terkasih. Daripada berpartisipasi dalam setiap aktivitas, pilihlah dengan hati-hati. Putuskan perayaan apa yang ingin kamu ikut nanti.

5. Tetapkan batas waktu mengerjakan

Menjelang akhir tahun, kamu mungkin merenungkan 365 hari terakhir sambil memikirkan tujuan yang kamu tinggalkan dan kesalahan yang kamu buat. Atau, kamu mungkin sudah memikirkan tentang tahun depan dan mulai berpikir apa yang harus kamu capai.

Tapi terlalu jauh memikirkan masa depan, akan memperlambat cara berpikir kamu. Cara terbaik untuk mencegah diri berpikir terlalu banyak adalah dengan menetapkan batas waktu untuk tugas-tugas yang kamu kerjakan. Memberi tenggat waktu untuk diri sendiri bisa menginspirasi kamu untuk fokus melakukan hal-hal lebih banyak dan mengurangi overthinking.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa fokus di akhir minggu bulan Desember tahun ini. Mungkin suasananya sudah terasa seperti liburan, namun ingat jika kamu masih punya tanggung jawab yang harus diselesaikan sampai akhir tahun, jangan sampai menundanya. Menunda hanya akan membuatmu tidak fokus pada liburanmu nanti. Semangat bekerja!

(DIR/DIR)

NEW RELEASE
CXO SPECIALS