Interest | Art & Culture

Kartun Dewasa yang Wajib Ditonton Penyuka Humor Gelap

Senin, 29 Aug 2022 11:10 WIB
Kartun Dewasa yang Wajib Ditonton Penyuka Humor Gelap
Jakarta -

Serial animasi The Simpsons disebut-sebut berhasil memprediksi masa depan. Salah satunya, The Simpsons memprediksi terpilihnya Donald Trump sebagai presiden dalam episode "Bart to the Future". Serial yang bercerita tentang keluarga kelas pekerja di Amerika Serikat ini memang kerap menyajikan skenario yang absurd dan jenaka. Tak disangka, beberapa akhirnya benar-benar terjadi di dunia nyata. Apakah para penulis The Simpsons bisa melihat masa depan? Tak ada yang tahu. Tapi, mereka mampu menangkap hal-hal absurd dalam kehidupan modern dan mengemasnya dalam bentuk satir-sesuatu yang banyak ditemukan dalam kartun dewasa atau adult animation.

Selama ini, kartun selalu identik sebagai tontonan anak-anak. Tapi, hal ini adalah sebuah miskonsepsi umum. Animasi atau kartun sendiri bukanlah sebuah genre, melainkan sebuah medium atau metode bercerita. Di luar kartun kids-friendly seperti yang banyak diproduksi oleh Pixar dan Disney, ada banyak sekali kartun dewasa atau adult animation yang memang ditujukan untuk pasar orang dewasa. Jangan kaget kalau kalian menemukan penggunaan kata-kata kasar dan isu-isu yang sensitif dalam kartun dewasa.

Kartun dewasa atau adult animation terkenal dengan humor gelap yang imajinatif dan transgresif. Mereka mengemas isu-isu keseharian seperti politik, agama, dan budaya pop ke dalam bentuk satir. Tak hanya jenaka, kartun dewasa juga adalah jenis tontonan yang berani mempertentangkan moral dan norma sosial. Berikut adalah kartun dewasa yang wajib ditonton oleh kalian para penyuka humor gelap!

.South Park/ Foto: IMDb

South Park

Lewd and crude, mungkin begitu kesan pertama ketika menonton South Park. Tapi, sitkom animasi yang dibuat oleh Trey Parker dan Matt Stone ini sangat populer dan berhasil meraih penghargaan Emmy Awards untuk Outstanding Animated Program sebanyak 4 kali. Serial ini bercerita tentang 4 orang anak-Stan marsh, Kyle Broflovski, Eric Cartman, dan Kenny McCormick-yang tinggal di sebuah kota fiktif bernama South Park.

Serial ini menjadi begitu populer karena mengkombinasikan "kepolosan" dari keempat karakter anak-anak tersebut dengan humor gelap. Selain itu, salah satu faktor yang membuat serial animasi ini memiliki banyak penggemar adalah kejeniusannya dalam memparodikan budaya pop. Bahkan, sudah banyak selebriti yang menjadi "korban" parodi South Park, mulai dari Paris Hilton hingga Pangeran William

.Rick and Morty/ Foto: IMDb

.Rick and Morty

Apabila kalian menyukai fiksi ilmiah, Rick and Morty akan menjadi hiburan yang menyenangkan. Rick and Morty bercerita tentang petualangan dari seorang ilmuwan bernama Rick Sanchez bersama cucunya, Morty Smith. Rick adalah seorang ilmuwan yang eksentrik, kecanduan alkohol, dan cynical. Sedangkan Morty adalah seorang anak berumur 14 tahun yang naif dan berhati lembut. Bersama-sama, mereka menjelajahi ruang dan waktu menggunakan mobil terbang milik Rick.

Kepribadian Rick yang sinis banyak menolak nilai-nilai konvensional seperti sekolah, pernikahan, dan keluarga. Morty yang berpegangan kuat pada kompas moral pun menjadi penyeimbang bagi karakter Rick yang eksentrik. Orisinalitas dari serial ini berhasil membuahkan dua penghargaan Emmy Awards dan banjir kritik baik dari kritikus maupun audiens.

.BoJack Horseman/ Foto: IMDb

BoJack Horseman

BoJack Horseman adalah serial yang berlatar di sebuah dunia fiktif di mana manusia dan hewan antropomorfik hidup berdampingan, di sebuah tempat bernama Hollywoo. Karakter utamanya, BoJack Horseman, adalah seekor kuda yang pernah menjadi bintang sitkom terkenal berjudul Horsin Around di tahun 90an. Di umurnya yang menginjak 50an, BoJack telah menjadi pecandu alkohol yang penuh dengan sikap sinis. Ia pun berencana untuk menghidupkan kembali karirnya dengan menyewa jasa ghostwriter, Diane Nguyen, untuk menulis autobiografi mengenai dirinya.

Serial ini mendapatkan banyak pujian karena berhasil mengemas topik-topik "berat" seperti depresi, trauma, dan adiksi. Kisah BoJack Horseman sendiri juga mengingatkan kita bahwa kehidupan selebriti tidak seglamor yang dibayangkan.

.Big Mouth/ Foto: IMDb

Big Mouth

Tumbuh dewasa terkadang adalah sesuatu yang menakutkan, terutama bagi remaja yang sedang mengalami pubertas. Hal ini dikemas secara jenaka dan seru dalam serial Big Mouth. Big Mouth adalah sitkom coming-of-age produksi Netflix yang diciptakan oleh Andrew Goldberg, Nick Kroll, Mark Levin, dan Jennifer Flackett. Serial ini bercerita seputar lika-liku remaja kelas 1 SMP   termasuk dua sahabat Nick Birch dan Andrew Glouberman   yang memasuki masa pubertas. Big Mouth banyak mengeksplorasi topik seputar kesehatan reproduksi dan seksualitas dari perspektif remaja yang sedang mengalami perubahan pada tubuhnya.

Karakter-karakter di Big Mouth harus menghadapi hormone monsters yang terus menghantui mereka, yaitu Maury, Connie, Rick, Tyler, Mona, dan Gavin. Para monster ini terus menghantui dan mendorong para remaja untuk mengekspresikan seksualitas mereka. Selain itu, ada juga hormone monsters untuk karakter dewasa di serial ini, yaitu Stan, Bob, Lorraine, Celeste, dan Bonnie.

Itu dia beberapa kartun dewasa dengan humor gelap yang bisa kalian tonton! Mungkin di permukaan kartun-kartun ini terlihat nyeleneh dan tak edukatif. Tapi sesungguhnya, justru melalui humor gelap dan tayangan seperti ini kita bisa membicarakan hal-hal penting yang dianggap terlalu kontroversial.

[Gambas:Audio CXO]

(ANL/DIR)