Interest | Art & Culture

Rekomendasi Stand Up Comedy Special yang Bisa Kamu Tonton

Senin, 15 Aug 2022 19:00 WIB
Rekomendasi Stand Up Comedy Special yang Bisa Kamu Tonton
Jakarta -

Stand Up Comedy adalah salah satu seni pertunjukan komedi paling populer di dunia. Berkembang sejak tahun 1800-an di Eropa dan Amerika, pentas yang disebut Komedi Tunggal dalam bahasa Indonesia itu turut mencuri perhatian publik Tanah Air.

Tak heran jika pentas Komedi Tunggal dari para komika kenamaan selalu ludes diborong para penggemar. Di Indonesia sendiri, ada nama-nama seperti Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, hingga Adjis Doa Ibu, yang kerap mempertontonkan pertunjukan Komedi Tunggal spesial.

Sementara di tanah Barat, tempat di mana Stand Up Comedy bertumbuh kembang, beberapa nama komika papan atas turut mempertontonkan ulang special show mereka pada layanan streaming digital. Berikut adalah beberapa penampilan SUC pilihan CXO Media, yang cocok untuk laugh and chill di rumah!

One Show Fits All - Gabriel Iglesias

Gabriel "Fluffy" Iglesias, adalah salah seorang komika Hispanik yang paling dikenal. Materinya biasa berkutat soal masalah-masalah kultural dan menyerempet urusan ras. Namun begitu, komika berpostur tambun nan menggemaskan ini selalu mampu membingkainya secara ramah dan mudah dicerna oleh banyak orang.

[Gambas:Youtube]

Pada pentas spesial berjudul One Show Fits All yang tayang di Netflix, "Fluffy" sendiri seperti keluar dari zona nyaman komedinya dan menitikberatkan fokus pada keresahan yang dialami sang anak bersama Snoop Dog, Chris Rock, dan Vicente Fernandez. Tetapi lagi-lagi, tontonan berdurasi 90 menit ini tetap menampilkan seorang Iglesias khas dengan setumpuk jokes segar dan relate bagi banyak audiens.

Inside - Bo Burnham

Selain dikenal sebagai Komika indie, Bo Burnham juga dulu populer sebagai YouTuber eksentrik dan jenaka. Pada setiap kontennya, Burnham tak luput dari rangkaian lelucon musikal penuh satire dan otokritik, terutama soal isu-isu yang berada di sekitar kita.

[Gambas:Youtube]

Pada Netflix Original Bo Burnham: Inside, sang peraih tiga Emmy tersebut kembali memainkan komedinya yang khas, di mana aksi tunggal selama satu setengah jamnya padat dengan jokes yang gerrrr; seputar kesehatan mental, kebiasaan aktivitas digital manusia, hingga isu climate change.

Hashtag Blessed - Jason Leong

Komika dari negeri Jiran, Dr. Jason Leong sukses menampilkan Hashtag Blessed di Netflix. Pada stand-up special tersebut, sang mantan dokter membedah habis kesombongan kelas bisnis, hingga praktik kesehatan alternatif yang tidak masuk akal di negaranya.

[Gambas:Youtube]

Leong sendiri disebut sebagai satu komika asal Asia tersukses dengan karir yang luar biasa. Di mana keahliannya berkomedi seputar kultur Asia yang berkembang, bisa terdengar progresif tanpa merendahkan, sebagaimana yang tersaji di dalam Hashtag Blessed.

SuperNature - Ricky Gervais

Sosok Ricky Gervais turut dikenal sebagai penulis, produser, sutradara, hingga musisi, di samping kiprahnya sebagai komika sensasional. Pria 61 tahun tersebut memang dikenal lewat lawakan kontroversial, tidak terkecuali pada Netflix Stand-Up terbaru berjudul SuperNature.

[Gambas:Youtube]

Dalam show berdurasi 64 menit tersebut, Ricky Gervais kembali mengguyonkan isu-isu sensitif dalam materi stand-up-nya; dan berhasil mengundang pujian sekaligus kecaman dari publik. Masalahnya, Ricky Gervais lagi-lagi bersikap skeptis pada banyak hal. Mulai dari pandangan personal terhadap alam supranatural, sains, agama, kucing, hingga jokes krusial tentang trans community.

Irresponsible - Kevin Hart

Kevin Hart adalah salah satu komika termasyhur di muka bumi-paling tidak untuk satu dekade ke belakang. Bisa dilihat dari Irresponsible Tour yang menghasilkan sekitar USD 70 juta dan mengundang audiens seukuran football stadium. Hal ini pun turut dibuktikan setelah Irresponsible tayang di Netflix, di mana sederet pujian disampaikan oleh publik global.

Dalam Irresponsible, Hart mengajak kita menertawakan sosoknya sebagai seorang Ayah, lengkap beserta kegelisahan dan kesalahannya sendiri di kehidupan sehari-hari. Sebuah kekuatan dan kejelian ala Hart, yang memang mampu mengubah kelemahannya sebagai candaan pamungkas.

[Gambas:Youtube]



[Gambas:Audio CXO]



(RIA/HAL)