Interest | Art & Culture

Staff's Pick: Musisi asal Asia Tenggara

Minggu, 08 May 2022 20:00 WIB
Staff's Pick: Musisi asal Asia Tenggara
Foto: Instagram
Jakarta -

Music has the power to transcend languages, it doesn't have to be grandiose to have a grand emotional impact.

Berbicara soal musik, belakangan ini, Asia mendapat banyak sorotan dalam ranah industri musik dengan harumnya nama-nama musisi maupun grup asal Korea Selatan seperti BTS atau Blackpink. Belum lagi, baru-baru ini, NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue menjadi musisi asal Indonesia pertama yang berhasil tampil di panggung internasional bergengsi, Coachella.

Popularitas yang dimiliki oleh musisi asal Asia memang sejalan dengan minat maupun selera dalam musik masyarakat global. Akan tetapi, masih banyak pemusik asal Asia yang namanya belum sebesar musisi lain, yang memiliki lagu dengan kualitas yang sebanding dengan musisi papan atas.

Dalam rangka memperkenalkan kamu dengan musisi asal Asia, tim editorial kami telah menyusun deretan nama pemusik asal Asia Tenggara yang musiknya bisa kamu nikmati dalam suasana apa pun. Berikut adalah hasilnya!

Hani, Writer
Jeff Bernat, Filipina

.Jeff Bernat/ Foto: Instagram @jeffbernat


I feel so thankful for stumbling upon this Filipino singer di YouTube yang sewaktu itu gue biarin auto play dengan sendirinya. Tiba-tiba, satu lagu dengan genre R&B bikin gue auto jatuh hati sama suara lembut Jeff Bernat. Habis itu, gue langsung cek semua lagunya di Spotify dan sampai sekarang, gue jadi penanti setia musik-musik baru dari Jeff Bernat. Kalau kalian suka lagu bergenre soul dan R&B, wajib banget cek musisi asal Asia yang satu ini!

Tasya, Writer
Jelly Rocket, Thailand

.Jelly Rocket Band/ Foto: Instagram @jellyrocketband


Mendengarkan lagu dari band dream-pop Indonesia atau Amerika sudah biasa, tapi menemukan band dream-pop dari Thailand adalah sebuah pengalaman baru. Band yang personilnya terdiri dari 3 perempuan ini sukses menghipnotis saya melalui lagu mereka yang berjudul "How Long". Suara vokalisnya yang lembut diiringi dengan permainan gitar yang apik merupakan kombinasi yang membuat saya jatuh cinta ketika pertama kali mendengarnya. Lagu-lagu mereka yang lain dari album berjudul Lucid Dream juga sayang untuk dilewatkan!

Rolland, Sound Editor
Wormrot, Singapura

.Wormrot/ Foto: Instagram @wormrot.official


Do you like blistering fast riffs? Blast beats and death growl vocals? If so, maybe this is the perfect band for you. Grinding since 2007, Wormrot is a grind power-trio with a hint of thrash and black metal. Their third full-length LP 'Voices' is the reason why I fell in love with this band and I can't wait for their first album in almost six years, 'HISS' due this year.


Handoko, Editor
Bottlesmoker, Indonesia

.Bottlesmoker/ Foto: Instagram @bottlesmoker


Pertama kali mendengar nama Bottlesmoker itu tahun 2011, dan pada saat itu langsung suka karena benar-benar unik dan berbeda dengan yang sedang populer pada masanya. Saat itu, saya memang sedang banyak mengeksplorasi musik-musik di internet. Bermula dari pencarian tentang Anamanaguchi, sebuah band dengan genre chiptune instrumental, kemudian bermuara pada Bottlesmoker dengan alunan electronica instrumental yang sekali-kali menyelipkan nuansa nusantara di dalamnya. Hingga sekarang, Bottlesmoker masih menjadi salah satu band instrumental lokal yang paling berkesan buat saya.

Dian, Editor
Jaz, Brunei Darussalam

.Jaz/ Foto: Instagram @jaz_hayat


Jaz adalah salah satu penyanyi asal Brunei Darussalam yang cukup memiliki banyak hits di Indonesia. Lagu pertama yang saya dengar dari dia adalah Dari Mata yang rilis pada 2016 silam. Dengan suara lembut Jaz dan lirik-lirik yang catchy serta nada yang easy listening, membuat saya sangat cocok dengan lagu ini saat pertama kali mendengarkannya. Saya baru mengetahui asal Jaz ketika saya mendengar single lagunya yang lain, Kasmaran. Ada satu lirik yang terdengar diucapkan dalam aksen melayu, sehingga membuat saya penasaran dan mencari tahu asal-usul penyanyi pria ini. Sampai saat ini, berbagai lagu yang dirilis Jaz tidak pernah saya lewatkan!

Mel, Editor
.gif (read: dot jif), Singapura

..gif/ Foto: Vogue Singapore


I actually just found out about them recently yet fell in love with their music instantly. A duo from Singapore that offers electronic downtempo, indie dream pop music with compelling lyrics and breathy vocals-that reminds me of Little Dragon and Télépopmusik   really brings me to my ultimate favorite state of mind: daydreaming. My favorite track from .gif would be "godspeed"   really lets you tune in with these rainy days!

Taca, Social Media Strategist
Violette Wautier, Thailand

.Violette Wautier/ Foto: Instagram @violettewautier


Pretty and the owner of an angelic voice, how can you not envy Violette Wautier? She started her singing career from an audition on season 2 of The Voice Thailand in 2013. From then on, she starred in a couple of famous TV series and films, released some hit songs, and launched her own record label in 2018. Not long ago, Violette also collaborated with Indonesian DJ and record production group, Weird Genius, to release "Future Ghost". Talk about talent!

 

[Gambas:Audio CXO]



(HAI/MEL)

Author

Hani Indita