Interest | Art & Culture

Gampang Dibuat dan Enak, Ini Resep Ketupat Lebaran

Sabtu, 30 Apr 2022 15:00 WIB
Gampang Dibuat dan Enak, Ini Resep Ketupat Lebaran
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri sudah hampir tiba, nih! Salah satu hal yang selalu ditunggu-tunggu adalah menyantap makanan khas Lebaran yang pasti akan dimasak oleh keluarga. Memang, tidak lengkap rasanya apabila merayakan Lebaran tidak dibarengi dengan duduk di meja makan bersama keluarga dan disuguhi hidangan yang biasanya hanya akan dikeluarkan oleh sang ibu sekali saja dalam setahun. Salah satu hidangan khas Lebaran adalah ketupat.

Ya, ketupat yang menjadi menu pokok pada hari lebaran itu juga biasa kita ketahui sebagai simbol perayaan hari raya Idul Fitri dimana-mana. Meskipun ketupat kini bisa dengan mudah kamu langsung beli untuk siap disantap, kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Berikut ini adalah bahan-bahan dan langkah-langkah untuk membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Beras
  • Bungkus anyaman ketupat
  • Kapur sirih
  • Garam

Langkah-langkah untuk membuat ketupat:

  1. Cuci beras yang sudah disiapkan dengan air bersih selama kurang lebih 3 jam. Pastikan beras benar-benar bersih ketika ditiriskan atau ketupat nantinya akan lebih mudah basi ketika disimpan.
  2. Campur beras dengan sedikit kapur sirih dan garam agar ketupat terasa sedikit gurih.
  3. Siapkan bungkus ketupat yang anyamannya rapat agar beras tidak tercecer ketika direbus.
  4. Masukkan beras sampai ⅔ bagian bungkus dengan tepat. Hal ini dikarenakan apabila lebih dari ⅔ bagian maka beras dapat tidak merata kematangannya, sementara apabila kurang dari ⅔, maka ketupat nantinya akan terlalu lembek.
  5. Setelah semua bungkus ketupat terisi dengan beras, rebus ketupat sampai terendam seluruhnya di dalam air yang mendidih. Apabila tidak terendam dengan sempurna ketika direbus, maka hasil ketupat akan terlihat kotor oleh sisa-sisa air rebusan.
  6. Rebus ketupat selama kurang lebih 4 sampai 6 jam.
  7. Bukalah panci sesekali saat proses merebus ketupat dan tambahkan air apabila ketupat terlihat tidak sepenuhnya terendam.
  8. Setelah ketupat matang, tiriskan dan gantung agar terkena angin.
  9. Ketupat pun siap untuk dikonsumsi bersama menu khas Lebaran lainnya.

Bagaimana, proses untuk memasak ketupat sebenarnya mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Meskipun memakan waktu yang cukup lama untuk membuatnya, anggaplah hal ini menjadi suatu tradisi yang menyenangkan di kala Lebaran, terlebih lagi apabila kamu melakukannya bersama keluarga tersayang. Good luck, guys!

[Gambas:Audio CXO]

(DIP/DIR)