Interest | Art & Culture

Bergaul Bersama di Wajah Baru Sarinah

Sabtu, 30 Apr 2022 17:00 WIB
Bergaul Bersama di Wajah Baru Sarinah
Jakarta -

Kawula muda ibu kota pastinya tidak asing lagi dengan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, Sarinah. Berlokasi di pusat kota, tepatnya di jalan protokol M.H. Thamrin, Sarinah selalu mendapat tempat di hati anak gaul kota metropolitan.

Apalagi, setelah ditutup selama 2 tahun untuk pemugaran, Sarinah hadir wajah baru yang menyegarkan. Di mana tersedia banyak spot Instagramable yang nyaman untuk bersantai ria bersama teman-teman.

Setelah menghabiskan dana sekitar 700 miliar rupiah, aset milik Badan Usaha Milik Negara Indonesia tersebut pun sudah ramai dikunjungi kembali sejak akhir bulan Maret 2022 lalu. Mengusung tema community mall, wajah baru Sarinah menyediakan banyak ruang terbuka untuk berkumpul. Seperti amphitheater Anjungan Sarinah yang menghadap jalan M.H Thamrin, dan arena skydeck di bagian atas yang dihiasi pemandangan gedung-gedung tinggi khas Jakarta.

Sekilas Tentang Sarinah

Penamaan Sarinah sendiri diprakarsai oleh Sang Proklamator, Bung Karno, dari nama pengasuhnya sewaktu kecil yaitu Sarinah. Mengutip laman resminya, Sarinah sendiri mendefinisikan dirinya sebagai tempat berkumpulnya produk lokal kebanggan bangsa. Yang mana memang, sedari dulu menjadi keunggulan utama Sarinah.

Sebelum mengalami pemugaran yang membuatnya lebih muda, Sarinah memiliki beberapa spot ikonik yang ramai dikunjungi kawula muda. Misalnya Manchester United kafe yang laris pada pertengahan 2000-an lalu, restoran-restoran cepat saji yang menjadi spot kopi darat para muda-mudi Ibukota, hingga tempat karaoke legendaris yang murah meriah.

Namun begitu, Sarinah yang gaul sejak dulu itu sempat kehilangan warna sejarahnya. Yakni dengan terabaikannya sebuah relief peninggalan era Bung Karno, pada salah satu sudut dekat ruangan mesin gedung. Juga kurang terawatnya eskalator pertama di Indonesia dan Kolam Pantul bersejarah yang ada di sana.

Sedangkan pada usianya yang kini menginjak dekade ke-5, Sarinah mulai memperbaiki banyak hal. Seperti memamerkan perjalanan sejarah mereka pada sebuah spot di dalam gedung dan menjadi salah satu daya tarik baru bagi para pengunjungnya.

Spot ikonik Sarinah baru yang menjadi favorit

Semenjak dibuka, Sarinah tampak lebih segar dan kekinian. Pada pelatarannya, sebuah amphitheater bernama Anjungan Sarinah terduduk cantik menghadap jalan. Spot ini dipergunakan sebagai tempat pertunjukan seni pada akhir pekan, dan bisa dinikmati untuk bercengkerama sambil jajan-jajan di beberapa tenant food truck yang ada di sana.

Pada bagian atasnya, sebuah skydeck dengan view gedung bertingkat khas Jakarta juga tidak boleh dilewatkan. Bersama Anjungan di bagian depan, keduanya diharapkan dapat menjadi pusat kreativitas seniman muda Tanah Air, sekaligus menjadi spot hiburan yang estetis dan menyenangkan.

Sementara, pada bagian dalam Sarinah, deretan produk bercita rasa Nusantara dari pegiat industri kreatif lokal memperkaya nuansa Sarinah baru pada setiap lantai. Mulai dari Pasar Nusantara, yakni Pusat Jajanan Serba Ada yang menjual banyak kuliner dalam negeri; Lantai Pusaka, yang dipenuhi deretan pakaian dan pernak-pernik tradisional Nusantara; Lantai Untaian, yakni spot brand lokal kontemporer; hingga Hayat, yang memamerkan kerajinan tangan dan segala printilan tradisional.

Tidak hanya menawarkan kerajinan yang autentik, jejeran produk lokal yang ada di Sarinah juga menambah nilai estetis Mal tertua di Jakarta itu, sekaligus mengentalkan spot artistik di dalamnya. Terutama, pada spot bernama Distrik Seni yang ada di lantai 6. Distrik Seni Sarinah merupakan sebuah ruang karya penuh inspirasi yang dipenuhi karya-karya seniman top Tanah Air, di mana banyak tangan seniman berbakat yang akan terlibat dalam kelangsungannya.

***

Bagi kamu yang hendak bergaul dan menikmati wajah baru Sarinah, kamu bisa mengunjunginya pada hari biasa atau akhir pekan sejak buka pukul 10 pagi, hingga tutup pada pukul 22 di malam hari. Dan jika kamu hendak berkunjung ke sana, kami sarankan untuk datang pada sore hari di akhir pekan, untuk mendapatkan pengalaman Sarinah baru yang lebih menyenangkan. Di mana cuaca Jakarta beranjak sejuk namun belum gelap, dan jika beruntung, kamu bisa menyaksikan musisi/seniman terkenal yang sedang tampil di amphitheater Sarinah, Jakarta.

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/MEL)