Interest | Art & Culture

5 Film Vertikal Untuk Menemani Mudik Lebaran

Jumat, 29 Apr 2022 19:00 WIB
5 Film Vertikal Untuk Menemani Mudik Lebaran
Jakarta -

Lebaran dan mudik adalah sepasang kekasih yang selalu bersama. Pada pelaksanaannya, terdapat semacam ritual romantis yang selama ini terus terjaga. Misalnya kisah berdesakan di angkutan mudik lebaran, atau bahkan, kisah indah saat mengakali kemacetan sepanjang jalan. Dalam menjalaninya, biasanya para pemudik punya cara tersendiri untuk mengusir jenuh. Seperti mendengarkan lagu-lagu favorit, membaca buku, mengisi teka-teki silang, hingga menonton film melalui gadget.

Menonton film melalui gadget, merupakan salah satu langkah pengusir jenuh yang rasanya sangat layak dilakukan ketika pulang-pergi ke kampung halaman. Selain menjadi teman yang menghibur saat melawan macet, aktivitas ini juga sangat mudah dilakukan. Apalagi dengan adanya film berorientasi layar tegak atau film vertikal. Cukup mengakses platform media sosial, film vertikal berkualitas bisa dinikmati sepanjang jalan.

Walaupun karya film vertikal belum banyak yang terkenal, kualitas film berlayar tegak ini tidak bisa diremehkan. Oleh karena itu, berikut kami sajikan 5 rekomendasi film vertikal yang bisa menjadi teman perjalanan saat mudik lebaran!

X&YX&Y/ Foto: Studio Antelope/Instagram

1. X&Y
Rekomendasi pertama kami jatuh kepada film vertikal perdana yang diproduksi di Indonesia, X&Y. Hasil kolaborasi dari TikTok dan Studio Antelope ini menceritakan hubungan romansa dua tetangga kos-kosan yang saling menyimpan perasaan meskipun memiliki sifat yang berseberangan bagai sumbu X dan Y. Diperankan oleh Arawinda Kirana dan Jordy Pranata, film besutan Jason Iskandar ini terbilang sukses mencetak sejarah film vertikal di Indonesia dengan kualitas yang luar biasa.

"Believe" The Series/ Foto: AZARINE/Instagram

2. "Believe" The Series
Secara garis besar, serial berisi enam episode pendek ini mengalurkan kehidupan generasi milenial yang concern pada pekerjaan dan penampilan mereka. Tokoh utamanya, Irene, adalah seorang CEO perusahaan rintisan yang sedang mencari investor. Dalam perjalanannya, Irene menemui banyak hal yang mengejutkan, tidak terkecuali seseorang bernama Hans. Film vertikal yang diprakarsai oleh produk kecantikan ini sempat viral di Tiktok. Oleh karena itu, kamu juga bisa mengikuti keseruannya sebagai teman perjalanan mudik yang mengasyikkan.

Poof, MeongPoof, Meong/ Foto: Studio Antelope/Instagram

3. Poof, Meong
Seri Web berisi 10 episode ini tayang di Snack Video. Poof, Meong mengisahkan romansa fantasi dari seorang Marsha dan kucingnya, Cimod yang secara ajaib berubah menjadi seorang lelaki tampan. Hal ini bermula ketika Marsha harus menghadiri undangan pernikahan mantan kekasihnya namun dirinya jomlo. Lalu pada hari ulang tahunnya, Marsha membuat sebuah permohonan sebelum meniup kue ulang tahun dari seorang asing yang kemudian mengubah Cimod menjadi sesosok lelaki tampan. Kisah menggemaskan Marsha dan Cimod ini, agaknya sangat cocok menemani kamu saat mudik lebaran.

Pedekate '92Pedekate '92/ Foto: Studio Antelope/Instagram

4. Pedekate '92
Web series produksi Studio Antelope ini mengisahkan tentang Adit dan dua temannya yang sedang berkemah di pinggir danau. Suatu ketika, Adit yang pemalu dan kikuk jatuh cinta dengan Eva, salah seorang wanita yang ditemuinya di sana. Setelah mendapat masukan dari teman-temannya, akhirnya Adit melakukan pergerakan pendekatan ke Eva. Kisah romansa Adit dan Eva yang lucu ini cocok sekali memaniskan perjalanan mudik kamu nanti.

Militan: Mamak-Mamak MetropolitanMilitan: Mamak-Mamak Metropolitan/ Foto: Studio Antelope/Instagram

5. Militan: Mamak-Mamak Metropolitan
Berbeda dengan kisah romansa dari film-film sebelumnya, web series Militan lebih menceritakan tentang persahabatan tiga orang emak-emak yang bertetangga di kota metropolitan. Dinamika persahabatan mereka sangat seru untuk diikuti dan tepat sekali menjadi teman perjalanan. Banyak pelajaran hidup yang bisa dicerna dari kisah mereka, dengan plot yang pastinya jenaka.

Itulah 5 rekomendasi film vertikal yang bisa kamu saksikan sebagai teman perjalanan mudikmu. Kira-kira, mana yang mau kamu tonton duluan, nih?

[Gambas:Audio CXO]



(RIA/HAL)