Inspire | Human Stories

Kala Perempuan Daerah Melawan Stigma Demi Masa Depan Karir

Jumat, 23 Sep 2022 18:00 WIB
Kala Perempuan Daerah Melawan Stigma Demi Masa Depan Karir
Srikandi Vokasi Foto: Ngobrol Sore Semaunya
Jakarta -

Setiap perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan passion dan mewujudkan mimpi besarnya lewat berbagai cara. Tidak terkecuali, melalui pendidikan vokasi. Di jalur ini, para Srikandi Vokasi, yakni perempuan-perempuan muda yang mengasah potensinya di Sekolah Menengah Kejuruan, memberanikan diri keluar dari daerahnya untuk menggapai cita-cita; melawan berbagai stigma; dan, membuktikan bahwa mereka bisa sejajar dengan siapapun    bahkan menyaingi para lulusan perguruan tinggi.

Narasi barusan bukanlah sebatas harapan, apalagi bualan belaka. Sebab salah seorang Srikandi Vokasi bernama Rahma Agustina, sedang menapaki jalan kesuksesannya di bidang teknologi, yang selama ini terlanjur dilekatkan dengan pekerjaan laki-laki. Pada perbincangan bersama Putri Tanjung di program 'Ngobrol Sore Semaunya Ep.74', Rahma menceritakan pengalaman inspiratifnya, hingga bisa bekerja sebagai seorang iOS Developer.

Sebagai perempuan yang sukses berkarir di bidang teknologi, jalan Rahma ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Sebab faktanya, pekerja perempuan di industri teknologi masih jarang ditemukan. Hal ini pun sudah terlihat sewaktu ia menempuh pendidikan di SMK Umar Said Kudus, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dari total 22 siswa yang ada, Rahma hanya memiliki 7 teman perempuan, sementara sisanya didominasi oleh laki-laki.

Di samping itu, pilihan Rahma dalam menekuni pendidikan juga sempat terbentur oleh stigma untuk perempuan di daerahnya, yaitu Kudus, di mana perempuan lebih dikotakkan untuk mengurus rumah tangga dan menjadi seorang istri, ketimbang memiliki karir yang brilian. Kemudian, keputusannya untuk pergi merantau juga tidaklah mudah, karena harus terpisah oleh orang tua di rumah.

Walaupun demikian, Rahma sendiri tidak putus. asa dalam mewujudkan impiannya. Hasilnya pun terbukti dengan gemilang. Rahma mampu mematahkan setiap halangan yang ada, dan mengubah satu per satu hambatan tersebut menjadi bekalnya meraih kesuksesan. Selain itu, value dalam diri, yakni keinginan untuk memberi manfaat terhadap orang lain, juga menjadi modal Rahma dalam menjalani impian, sambil terus mengingat value dari sang Ibu, yaitu tetap rendah diri.

Akhirnya, berkat kegigihan dan upaya yang kuat, Rahma didapuk sebagai sosok muda masa kini yang inspiratif. Ia pun disebut sebagai salah seorang Srikandi Vokasi; yakni kelompok perempuan muda tangguh lulusan sekolah menengah kejuruan, yang membuktikan bahwa lulusan sekolah kejuruan: mampu memiliki kompetensi tinggi dan siap bersaing dengan siapapun di dunia kerja, sambil terus berkontribusi untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik. Rahma pun berharap, di masa mendatang, semoga akan lebih banyak perempuan menjadi 'srikandi' berikutnya yang berani mengejar impian, tidak terkecuali pada bidang teknologi.

Perbincangan inspiratif Rahma Agustina, sang Srikandi Vokasi asal Kudus bersama Putri Tanjung, selengkapnya bisa disaksikan pada program 'Ngobrol Sore Semaunya Ep.74 - Rahma Agustina: Wanita Daerah Melawan Stigma Dalam Meniti Karier' yang telah tayang di laman cxomedia.id dan kanal YouTube CXO Media. Oh, ya, selain Rahma, ada pula cerita menarik dari Srikandi Vokasi lainnya, yang bisa diakses melalui kanal YouTube Srikandi Vokasi.

[Gambas:Audio CXO]

(RIA/DIR)